Sabtu, 27 April 2024

PMI Surabaya Targetkan 5.000 Pendonor Darah di Ramadan 2024

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Donor Darah Ramadan yang diadakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya bekerja sama dengan sejumlah pihak digelar di BG Junction Surabaya, Selasa (19/3/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net Donor Darah Ramadan yang diadakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya bekerja sama dengan sejumlah pihak digelar di BG Junction Surabaya, Selasa (19/3/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya menggelar Donor Darah Ramadan di BG Junction Surabaya pada 19-28 Maret 2024, mulai pukul 10.00-16.00 WIB.

M. Ikhsan Kepala PMI Surabaya mengatakan, kegiatan sosial donor darah selama 10 hari berturut-turut itu, ditargetkan total mencapai total 5.000 pendonor darah.

“Jadi, target setiap harinya 500 orang. InsyaAllah, sampai ke depan ada 5.000 pendonor darah yang akan mendonorkan darahnya di tempat ini,” katanya seusai seremoni pembukaan acara donor darah, Selasa (19/3/2024).

Ikhsan mengatakan, di momentum bulan Ramadan biasanya persediaan stok darah turun, karena sebagian besar masyarakat menurutnya fokus untuk menjalani ibadah puasa, sehingga kegiatan amal donor darah tersebut menjadi bagian penting.

“Nah, Alhamdulillah di Surabaya, sudah beberapa kali ada kegiatan seperti ini, justru dibuatkan agenda untuk donor darah selama bulan Ramadan,” tuturnya.

M. Ikhsan Kepala Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya bersama Martono Adi Trijogo Kepala Unit Donor Darah PMI Surabaya saat berada dalam donor darah Ramadan di BG Junction Surabaya, Selasa (19/3/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net
M. Ikhsan Kepala Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya bersama Martono Adi Trijogo Kepala Unit Donor Darah PMI Surabaya saat berada dalam Donor Darah Ramadan di BG Junction Surabaya, Selasa (19/3/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Meskipun diadakan di luar kantor PMI dengan waktu yang cukup panjang, ia memastikan bahwa PMI Kota Surabaya tetap melayani masyarakat yang ingin donor darah di kantor.

“Tetapi biasanya di sana (kantor PMI Surabaya) malam. Nah, kalau di sini dari pagi hingga siang,” bebernya.

Sementara itu, Martono Adi Trijogo Kepala Unit Donor Darah PMI Surabaya menyatakan, stok darah di PMI Surabaya saat ini dalam keadaan cukup. Sehingga, dengan adanya donor darah itu, akan memastikan stok darah di Surabaya lebih aman lagi.

“Kegiatan donor darah ini sangat membantu sekali. Saat ini, stok kami ada 1.500 kantong darah hingga, itu belum ditambahi lagi hasil donor darah nanti,” katanya.

Masyarakat saat antre untuk Donor Darah di BG Junction Surabaya, Selasa (19/3/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net
Masyarakat saat antre untuk Donor Darah di BG Junction Surabaya, Selasa (19/3/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Martono mengatakan, stok darah tersebut nantinya akan digunakan untuk melayani masyarakat Surabaya yang membutuhkan. Selain itu, juga bisa melayani di luar Surabaya.

“Kemarin kita juga dropping ke Lamongan, terus ada juga ke Banyumas. Jadi selama ini, kita juga melayani yang di luar kota Surabaya,” pungkasnya.(ris/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs