Jumat, 21 Juni 2024

Presiden Resmikan Empat Terminal Bus, Dua di Antaranya Ada di Jatim

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (2/1/2024). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, hari ini, Selasa (2/1/2024), terjadwal melakukan sejumlah kegiatan dalam kunjungan kerja di Provinsi Jawa Tengah.

Di antaranya, meresmikan empat terminal sekaligus secara simbolis, terdiri dari dua terminal yang ada di Jawa Tengah, dan dua lagi di Jawa Timur.

Masing-masing, Terminal Purworejo di Kabupaten Purworejo, Terminal Mendolo di Kabupaten Wonosobo, Terminal Purboyo di Kota Madiun, dan Terminal Patria di Kota Blitar.

Dalam keterangannya, Presiden mengapresiasi upaya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang membangun terminal untuk meningkatkan konektivitas antarkota, antarkabupaten, dan antarprovinsi.

“Sekarang ini macet hampir ada di semua kota. Macet karena semua orang menggunakan kendaraan pribadi, mobil pribadi, sepeda motor yang sangat banyak. Kota kecil pun sekarang sudah macet. Sehingga, transportasi massal, transportasi umum perlu terus didorong,” ujarnya.

Kemudian, Jokowi menginstruksikan Budi Karya Sumadi Menhub membangun terminal bus yang bagus di kota-kota lainnya.

RI 1 berharap terminal bus di seluruh Indonesia punya standar keamanan dan kenyamanan yang sama, serta jauh dari kesan menyeramkan karena banyak preman.

Dengan begitu, terminal bus berperan penting mendukung peningkatan perekonomian masyarakat khususnya UMKM.

“Kalau dulu terminal bus image-nya adalah preman. Ini sudah hilang. Sekarang terminal bus adalah tempat pelayanan juga memberikan dukungan kepada peningkatan ekonomi, UMKM harus juga terlihat di dalamnya,” tegas Jokowi.

Sesudah kegiatan di Purworejo, Presiden melanjutkan rangkaian kunjungan kerja menuju Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Banyumas. (rid/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 21 Juni 2024
29o
Kurs