Kamis, 18 April 2024

Program Roti 7 Lapis Alasan Surabaya Jadi Tuan Rumah HUT Pemadam Kebakaran Nasional ke-105

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Laksita Rini Sevriani Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya dalam program Semanggi Suroboyo, Jumat (23/2/2024). Foto: suarasurabaya.net

Response Time Tujuh Menit Layanan Pemadam Gratis atau dikenal Roti Tujuh Lapis, bakal dipamerkan Kota Surabaya sebagai tuan rumah Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Nasional tahun 2024, pada 27 Februari-1 Maret mendatang.

Laksita Rini Sevriani Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya mengatakan, bahwa program itu adalah salah satu alasan Kota Surabaya ditunjuk sebagai tuan rumah HUT Damkar tersebut.

“Jadi untuk respon time berdasarkan Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Permendagri) itu 15 menit, tapi di Surabaya, di sini hanya tujuh menit. Makanya ada Roti tujuh Lapis itu, dengan adanya itu Surabaya menjadi tuan rumah untuk HUT ke-105 ini,” kata Rini usai mengudara di program Semanggi Suroboyo, Jumat (23/2/2024).

Bahkan, lanjutnya, Kota Surabaya masih jauh ada di atas DKI Jakarta soal respon time yang masih di angka 15 menit. Adapun alasan di balik respon time yang super cepat itu, kata Rini, tak lain adalah keberadaan 22 pos dan rayon yang masing-masing jaraknya kurang lebih tiga kilo.

“Jadi begitu ada kejadian, temen-temen terdekat itulah yang berangkat. Kalau jumlah tim anggota pemadam kebakaran kita ada 674, dengan unit armada 89. Kemudian kita juga punya titik sumur ada 411 dan hydrant ada empat. Khusus hydrant ini yang ke depannya mau kita kembangkan dan tambah lagi,” jelasnya.

Adapun terkait rangkaian acara HUT tersebut, pada 7-29 Februari 2024 akan digelar Skill Competition di Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya dengan tiga jenis perlombaan. Skill Competition diikuti oleh 400 orang dari 50 tim asal kabupaten/kota se-Indonesia.

Kemudian, Pada 28-29 Februari 2024 akan digelar Expo Sarana Prasarana Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan dan Seminar Internasional Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di Grand City Convex Surabaya. Khusus di 29 Februari, juga bakal digelar Rapat Koordinasi Nasional Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

“Dan puncaknya pada 1 Maret 2024 akan dilaksanakan upacara Peringatan HUT ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di lapangan Kodam V/Brawijaya Surabaya dengan inspektur upacaranya bapak Tito Karnavian Mendagri (Menteri Dalam Negeri).

Terkait serangkaian acara itu, Rini pun mengajak seluruh warga Kota Surabaya untuk menyaksikan baik pameran peralatan pemadam kebakaran yang akan berlangsung selama dua hari, yakni 28-29 Februari 2024.

Terlebih, nantinya juga bakal ditampilkan atraksi yang menggambarkan bagaimana proses Roti Lapis Tujuh berlangsung. “Di situ teman-teman akan memberikan atraksi, kegiatan seperti yang dilakukan sebenarnya tujuh menitnya itu seperti apa ya,” ujarnya.

Ajakan itu dia sampaikan, mengingat antusiasme warga mulai anak-anak hingga orang-orang dewasa, terhadap keberadaan para petugas pemadam kebakaran di Kota Pahlawan sangat besar.

Menurutnya, selama ini warga yang meminta tolong ke DPKP bukan melulu soal kebakaran. Dia mencontohkan warga beberapa kali minta bantuan saat ada hewan liar seperti ular yang masuk kedalam rumah, hewan peliharaan yang terjebak/tercebur ke sumur.

“Kunci kendaraan jatuh ke selokan sampai cincin yang coba-coba dipasang ke jari tapi tidak bisa di keluarkan. Itu biasanya masyarakat lari ke kantor atau rayon kami (DPKP) untuk minta pertolongan,” pungkasnya. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
29o
Kurs