Sabtu, 13 Juli 2024

Rapat dengan Menteri Agama, Komisi VIII DPR Kritik Layanan Haji Tahun 2023

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Tenda untuk jemaah haji Indonesia di Mina, Arab Saudi, Selasa (6/6/2023). Foto: Bintang Suara Surabaya

Komisi VIII DPR RI pada Rabu (13/3/2024), menggelar Rapat Kerja dengan Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta.

Dalam forum itu, Endang Maria Astuti Anggota Komisi VIII DPR RI mengungkapkan banyak keluhan jemaah haji tahun 2023 terkait buruknya fasilitas waktu menjalankan ibadah haji di Arafah dan Mina, Arab Saudi.

Menurutnya, banyak jemaah yang tidur di luar tenda karena mengalami sesak napas akibat tenda yang tidak cukup menampung jemaah.

“Haji 2023 lalu banyak jemaah yang tidur di luar tenda, karena kondisi penampungan tidak memadai. Kemenag harus belajar dari kejadian serupa agar pada haji 2024 mendatang kejadian itu tidak kembali terulang,” ujarnya.

Kondisi terparah, lanjut Endang, terjadi pada waktu jemaah di Mina. Pasalnya, di wilayah Mina sangat terbatas tempat penginapan. Sehingga, beberapa jemaah terpaksa tidur di luar.

“Yang harus diperhatikan ukuran tendanya harus diperbesar. Kemudian, jika memungkinkan jemaah disebar di beberapa hotel terdekat agar tidak terjadi penumpukan,” tuturnya.

Lebih lanjut, politikus Partai Golkar itu mengingatkan layanan katering perlu ditingkatkan.

Dia menyebut, di tahun 2023, banyak keluhan jemaah terkait pelayanan makanan. Sehingga, banyak yang mengidap penyakit terutama maag kambuh karena terlambat makan.

“Kuncinya, pertama daya tampung jemaah harus ditingkatkan agar tidak terjadi penumpukan. Kemudian yang kedua, layanan katering juga harus lebih cepat agar tidak ada jemaah yang telat makan,” tandasnya.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Sabtu, 13 Juli 2024
23o
Kurs