Sabtu, 27 April 2024

Rayakan 75 Tahun Hubungan Australia-Indonesia, Konjen Gelar Buka Puasa Bersama Alumni Australia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
"Buka Puasa bersama Alumni Australia 2024" pada 14 Maret 2024 di Hotel Grand Mercure Malang untuk memperingati 75 tahun hubungan diplomatik antara Australia dan Indonesia. Foto: Konjen Australia "Buka Puasa bersama Alumni Australia 2024" pada 14 Maret 2024 di Hotel Grand Mercure Malang untuk memperingati 75 tahun hubungan diplomatik antara Australia dan Indonesia. Foto: Konjen Australia

Konsulat Jenderal Australia di Surabaya menyelenggarakan “Buka Puasa bersama Alumni Australia 2024”, Kamis (14/3/2024) di salah satu hotel Malang. Buka puasa bersama ini digelar dalam rangka memperingati 75 tahun hubungan diplomatik antara Australia dan Indonesia.

Acara buka puasa ini dihadiri oleh 70 alumni (pertukaran mahasiswa) sekaligus menandai dimulainya serangkaian kegiatan buka puasa bersama yang dilaksanakan di berbagai kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah, meliputi Malang, Semarang, Solo, dan Surabaya, sepanjang Maret dan April.

Kegiatan ini menjadi wadah penting bagi para alumni, khususnya dari kedua provinsi tersebut, untuk menjalin silaturahmi dan kerja sama ke depannya.

“Tali persahabatan antara Australia dan Indonesia semakin erat dan akrab dengan acara silaturahmi seperti malam bahagia ini,” ujar Fiona Hoggart Konsul Jenderal Australia, dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net.

”Kita ingin berbagi rasa syukur selama bulan suci dengan teman-teman di Malang yang berkontribusi pada kesuksesan berkelanjutan hubungan Australia-Indonesia. Termasuk yang pernah sekolah maupun kuliah di Australia, baik S2, S3, short course ataupun ikut Australia Indonesia Muslim Exchange Program and Australia-Indonesia Youth Exchange Program,” tambahnya.

 

Acara ini diisi dengan tausiah yang disampaikan oleh Maskuri Rektor Universitas Islam Malang (UNISMA), alumni Australia, yang baru saja terpilih sebagai Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) untuk periode 2024-2025.

”Ummat Islam di Australia, sama seperti kita di Indonesia dan di seluruh dunia, sedang menunaikan ibadah puasa selama bulan Ramadan, mengingatkan kita semua akan pentingnya toleransi, harmoni dan silaturahmi,” ujar Rektor yang sekaligus Ketua Asosiasi Pascarsarjana Agama Islama Swasta Indonesia (APAISI) itu.

Selanjutnya, kegiatan diisi dengan penampilan para murid dari SDK Cor Jesu Malang yang berpartisipasi dalam program sekolah kembar Australia-Indonesia BRIDGE, dnegan membawakan lagu anak-anak Australia ”The Kookaburra” dan Indonesia ”Motor-Motor Cilik” mewakili semangat pertukaran budaya yang semakin kental antar kedua negara.

Kegiatan pada malam itu berlangsung hangat dan meriah, diisi dengan perbincangan yang hidup, terjalinnya kembali tali persahabatan, dan terwujudnya koneksi baru. Para alumni menikmati kebersamaan dan makanan yang dihidangkan, serta mengabadikan momen berharga di stan foto yang disediakan.

Melalui pertemuan tersebut menjadi bukti semangat kolaborasi yang berkelanjutan dan peran penting yang dimainkan oleh para alumni dalam memperkuat hubungan antara Australia dan Indonesia. (azw/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs