Selasa, 27 Februari 2024

Konjen Australia Gandeng Stakeholder Beri 340 Kursi Roda Khusus untuk Disabilitas Jatim

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Senyum ibu di Jawa Timur ketika anak disabilitasnya mendapat kursi roda khusus, Selasa (5/12/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Konsulat Jenderal (Konjen) Australia menggandeng beberapa stakeholder termasuk pemerintah memberikan 340 kursi roda khusus untuk disabilitas Jawa Timur, demi memulihkan kondisi mereka.

Fiona Hoggart Konsul Jenderal Australia Untuk Indonesia di Surabaya menyebut, kursi roda ini didesain khusus bagi setiap penyandang disabilitas.

“Tentu aja kami bawa fisioterapis dari Perth Australia Barat tadi konsultasi dengan orang tua. Bantal kursi akan membuat tubuh lebih lurus sehingga pencernaan lebih bagus karena bisa mudah menelan. Jangan sampai posisi anak hanya tidur. Kalau bisa duduk perkembangan akan lebih bagus,” tambahnya lagi.

Fiona Hoggart Konsul Jenderal Australia untuk Indonesia di Surabaya (tengah) saat diwawancarai media usai acara pemberian kursi roda untuk disabilitas di Surabaya, Selasa (5/12/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Ia berharap, kursi roda ini juga akan memudahkan aktivitas disabilitas yang semula hanya bisa digendong orang tua.

“Tujuannya supaya bisa lihat senyum begini anak-anak yang dapat kursi roda, sebelumnya gak bisa ke mana-mana,” tandasnya.

Sementara M. Arif Ardiansyah Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Jatim menyebut, dari 22 ribuan disabilitas yang tercatat, baru 30 persen yang sudah mendapat bantuan kursi roda sejauh ini.

“Di Jatim angkanya tinggi sekali. Kursi roda harus bertahap, mengingat kemampuan mangkanya kami bekerjasama dengan pihak lain. Sampai sekarang baru 30 persen dari 22 ribuan keseluruhan,” jelasnya.

Diketahui, pemberian kursi roda ini, Konjen Australia menggandeng Global Village Foundation Bali, Wheelchairs For Kids, dan Pemprov Jatim. (lta/bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Selasa, 27 Februari 2024
25o
Kurs