Senin, 20 Mei 2024

Ribuan Jemaah Al-Khidmah Lantunkan Zikir dan Doa dalam Haul Akbar 2024 di Surabaya

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ribuan jemaah Al-Khidmah hadir dalam acara Haul Akbar di Pondok Pesantren Assalafi Al-Fithrah Surabaya, Sabtu (10/2/2024) malam. Foto: Iqbal Firmansyah magang suarasurabaya.net Ribuan jemaah Al-Khidmah hadir dalam acara Haul Akbar di Pondok Pesantren Assalafi Al-Fithrah Surabaya, Sabtu (10/2/2024) malam. Foto: Iqbal Firmansyah magang suarasurabaya.net

Ribuan jemaah Al-Khidmah dari berbagai daerah di Indonesia dan Asia Tenggara melantunkan doa dan dzikir bersama dalam Haul Akbar 2024 di Pondok Pesantren Assalafi Al-Fithrah Surabaya, Sabtu (10/2/2024) malam.

Nasirudin Ketua Panitia Haul Akbar Al-Khidmah mengatakan, Haul Akbar tersebut merupakan acara tahunan yang diadakan oleh jemaah Al-Khidmah.

“Acara ini dilaksanakan istiqomah setiap tahun pada hari Sabtu malam dan Ahad pagi pada pekan pertama bulan Sa’ban,” katanya.

Haul Akbar itu, kata dia, bukan hanya untuk mendoakan Sunan Ampel dan Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani, tetapi juga untuk mendoakan para sesepuh, kiai hingga orang tua yang telah terlebih dahulu kembali kepada-Nya.

“Jadi, kita mendoakan, berzikir bersama untuk bermunajad kepada Allah SWT,” ucapnya.

Jemaah Al-Khidmah saat Mahalul Qiyam di acara Haul Akbar di Pondok Pesantren Assalafi Al-Fithrah Surabaya, Sabtu (10/2/2024) malam. Foto: Iqbal Firmansyah magang suarasurabaya.net
Jemaah Al-Khidmah saat Mahalul Qiyam di acara Haul Akbar di Pondok Pesantren Assalafi Al-Fithrah Surabaya, Sabtu (10/2/2024) malam. Foto: Iqbal Firmansyah magang suarasurabaya.net

Haul Akbar Al-Khidmah tersebut, diinisiasi oleh ulama besar Hadhrotusy Syaikh KH. Achmad Asrori Al Ishaqy sejak 1987. Pada awal kegiatan, diadakan secara sederhana di kediamannya. Seiring berjalannya waktu, tempat dan jemaah semakin besat sehingga diadakan lebih besar.

Pantauan suarasurabaya.net di lokasi, jemaah telah memadati Ponpes Assalafi Al-Fithrah Surabaya sejak sore hari. Karena tempat tidak muat, jemaah memanfaatkan jalan depan Ponpes dan jalan di gang-gang sekitar sebagai tempat majelis zikir. Seluruh jeemah seragam memakai pakaian putih-putih.

Dalam berlangsungnya Haul Akbar, dimulai dengan membaca Al-Fatihah bersama, kemudian dilanjut dengan istighosah, khotmil Quran, zikir fida, doa tahlil, doa birrul walidain, maulidurrasul SAW, mauidhoh hasanah, dan doa bihaqqil fatihah.

Seperti diketahui, setelah tuntas kegiatan pada malam hari ini, kegiatan akan kembali dilanjutkan pada Minggu (11/2/2024) pagi untuk membawa selawat diba’, manaqib, tawassul hingga mauidhoh hasanah. (ris/saf)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
26o
Kurs