Sabtu, 15 Juni 2024

RSI Surabaya Sediakan Perawatan Darurat untuk Masyarakat Taiwan di Jatim

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Dokter Dodo Anondo Dirut RSI Surabaya setelah menandatangani MoU bersama Isaac Chiu Director-General Teto Surabaya, Senin (1/4/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Rumah Sakit Islam (RSI) Surabaya resmi menandatangani memorandum of understanding (MoU) bersama dengan Kamar Dagang dan Ekonomi Taipe atau The Taipei Economic and Trade Office (Teto) untuk pengembangan rumah sakit dan pemberian layanan kesehatan bagi masyarakat Taiwan di Jawa Timur.

Dokter Dodo Anondo Dirut RSI Surabaya menyatakan MoU bersama Teto ini tidak hanya untuk memberi pelayanan darurat dan kemudahan layanan kesehatan bagi komunitas Taiwan, namun juga menyangkut pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kesehatan (Nakes).

“Nanti mungkin RSI ini bisa mengirimkan staff kita untuk pengembangan rumah sakit, juga nanti dari Taiwan bisa saling memberikan masukan-masukan untuk rumah sakit ini,” kata dokter Dodo, Senin (1/4/2024).

RSI Surabaya bakal semakin memiliki akses pengembangan rumah sakit di berbagai bidang setelah bekerja sama dengan Teto. Sebab Teto juga menaungi pebisnis yang turut mengatur perjanjian kerja sama di sektor kesehatan ini.

“Di sini juga ada perkumpulan busines club yang akan mengatur semuanya tentang perjanjian kerja sama ini untuk pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Menurut dokter Dodo, kerja sama RSI dengan Teto ini akan menjadi kepentingan bersama dalam memberikan akses kesehatan di semua kalangan masyarakat.

“MoU ini bermakna sekali antara masyarakat Taiwan dan masyarakat Indonesia di bidang kesehatan. Untuk itu Jatim diwakil oleh RSI Surabaya,” jelasnya.

Isaac Chiu Director-General Teto Surabaya waktu melihat fasilitas di RSI Surabaya didampingi dokter Dodo Anondo Dirut RSI Surabaya, Senin (1/4/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Sementara itu Isaac Chiu Director-General Teto Surabaya menyebut RSI Surabaya sebagai landmark pelayanan kesehatan di Kota Pahlawan dan Provinsi Jatim. Hal tersebut yang menjadi alasan Teto untuk menjalin kerja sama.

“Dengan pengalaman yang tidak kenal lelah selama 49 tahun, seluruh anggota rumah sakit berdedikasi untuk merawat sesama. Kantor kami saat ini bergabung dengan komunitas setempat untuk sepenuhnya menghargai praktik baik dari Rumah Sakit Islam Surabaya,” katanya.

Isaac memastikan bahwa Teto bakal berperan aktif memperkenalkan rumah sakit di Taiwan sebagai kemitraan dengan RSI Surabaya guna meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan penelitian kesehatan.

“Kami menyambut baik para profesional medis atau perawat dari RSI Surabaya untuk berkunjung ke Taiwan mengikuti seminar atau pelatihan bersama rekan-rekan Taiwan mereka. Kami akan melakukan yang terbaik untuk mempromosikan dan memfasilitasi pertukaran bilateral,” tuturnya. (wld/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Sabtu, 15 Juni 2024
26o
Kurs