Rabu, 22 Mei 2024

Sambut HUT ke-7, AMSI Komitmen Bangun Ekosistem Media Digital dan Konten yang Berkualitas di Indonesia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
HUT Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI). Foto: Doc AMSI

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-7 yang jatuh pada Kamis 18 April 2024 hari ini.

Dalam merayakan HUT tersebut dan mengenang perjalanan tujuh tahun yang penuh tantangan, AMSI terus berkomitmen dalam berkarya, berinovasi dan telah menapaki langkah-langkah signifikan dalam membangun ekosistem media digital yang sehat dan berkualitas di Indonesia.

Keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Kamis (18/4/2024), tujuh tahun yang lalu pada pertemuan di Dewan Pers, sejumlah perwakilan media digital menyepakati berdirinya AMSI, yang kemudian menjadi tonggak penting dalam mengenalkan konsep dan misi sebagai asosiasi publishers digital ke seluruh Indonesia.

Selanjutnya melalui berbagai upaya dan bergerilya selama tujuh tahun, AMSI berhasil berkembang pesat dan kini memiliki lebih dari 400 media online sebagai anggota.

“AMSI tidak hanya menjadi wadah bagi para pelaku media digital, tetapi juga aktif dalam mengadakan berbagai kegiatan setiap tahun, seperti Indonesian Digital Conference dan AMSI Award,” tulis AMSI dalam keterangannya.

HUT Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI). Foto: Doc AMSI

Konferensi dan penghargaan tersebut menjadi wadah untuk diskusi tentang teknologi digital terbaru serta memberikan apresiasi kepada media digital yang mencapai pencapaian bisnis dan konten yang inspiratif.

Selain kegiatan konferensi dan penghargaan, AMSI juga telah meluncurkan berbagai inisiatif yang mendukung ekosistem media digital, termasuk platform e-learning, aggregator konten, serta agency iklan programmatic.

“Kemudian, AMSI turut aktif dalam menginisiasi standar indikator berita terpercaya dan inisiatif cek fakta bersama AJI dan Mafindo, sebagai upaya bersama dalam menghadapi tantangan hoaks dan disinformasi,” tambah keterangan tersebut.

Semua pelajaran bisnis penting itu dirangkum menjadi modul pelatihan yang kini bisa diakses secara digital di platform e-learning AMSI https://elearning.amsi.or.id/.

Adapun untuk menyehatkan ekosistem bisnis media digital, AMSI memiliki aggregator https://amsinews.id/ yang menjadi etalase konten semua media anggota, juga agency iklan programmatic IDIA https://amsi.or.id/agensi-amsi/.

Selanjutnya, AMSI juga meluncurkan standar indikator berita terpercaya https://amsi.or.id/trust-worthy-news/ yang diadopsi makin banyak media di tanah air.

Lalu, tak ketinggalan inisiatif cekfakta AMSI bersama AJI dan Mafindo di https://cekfakta.com/ yang berkontribusi besar pada gerakan anti hoaks sejak 2018 silam.

Namun, di tengah kesuksesan tersebut, AMSI juga dihadapkan pada sejumlah tantangan yakni terbatasnya sumber pendapatan untuk media digital akibat bertambahnya jumlah media online tanpa adanya standar yang disepakati secara industri.

“Tidak hanya itu, reach dan engagement media terus tergerus karena konten jurnalistik berkualitas makin terdilusi di berbagai platform digital, terutama media sosial, serta semakin berkembangnya teknologi digital yang begitu pesat, seperti kehadiran artificial intelligent (AI) atau kecerdasan buatan yang menjadi tantangan tersendiri bagi media yang belum memiliki kapasitas untuk mengadopsi dan memonetisasinya,” sebut keterangan tersebut.

Sementara dalam menyikapi tantangan itu, Wahyu Dhyatmika Ketua Umum AMSI menegaskan pentingnya kolaborasi antar media dalam menghadapi perubahan tersebut.

“Dengan disahkannya Perpres Publishers Rights pada Februari 2024, AMSI berkomitmen untuk mengawal implementasinya dan memastikan negosiasi kompensasi yang adil antara platform dan publishers,” kata Wahyu.

Lebih lanjut untuk kedepannya, AMSI berencana untuk mendata regulasi yang diperlukan untuk memperbaiki ekosistem bisnis media digital dan melakukan lobi ke instansi pemerintah terkait.

Selain itu, kata Ketua Umum AMSI, asosiasi tersebut akan terus melakukan survei dan riset mendalam untuk memetakan masalah serta menawarkan solusi bagi perbaikan ekosistem informasi digital.

“Dengan semangat kebersamaan dan inovasi yang terus-menerus, AMSI bertekad untuk mencapai tujuan awal pendiriannya tujuh tahun lalu dengan membangun bisnis media digital yang sehat dan konten yang berkualitas,” katanya. (sya/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Rabu, 22 Mei 2024
26o
Kurs