Minggu, 5 Mei 2024

Sejumlah Bangunan di Pulau Bawean Rusak Akibat Gempa Tuban, BPBD Gresik Kirim Bantuan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tangkapan layar salah satu masjid di Pulau Bawean roboh akibat gempa, Jumat (22/3/2024). Foto: Istimewa

Sejumlah bangunan di Pulau Bawean wilayah perairan Kabupaten Gresik dilaporkan mengalami kerusakan parah hingga rubuh akibat gempa di Timur Laut Tuban, Jumat (22/3/2024) hari ini.

Sukardi Kepala BPBD Gresik mengatakan dari data terbaru yang diterimanya, ada dua rumah dan masjid yang rusak hingga roboh, hingga Rumah Sakit yang dindingnya retak akibat gempa.

“Saat ini total bangunan yang mengalami kerusakan masih dihitung. Ada 16 desa dari dua kecamatan (Sangkapura dan Tambak), yang terdampak paling parah di Kecamatan Tambak. Sementara rumah sakit yang (dindingnya retak) itu adanya di Sangkapura,” jelasnya kepada Radio Suara Surabaya, Jumat malam.

Dia mengatakan pihaknya akan terus melakukan pendataan terkait kerusakan. Selain itu, saat ini pihaknya juga bersiap untuk segera mengirimkan bantuan ke Pulau Bawean, yang rencananya diberangkatkan pada pukul 20.00 WIB.

“Ini kita persiapan (pengumpulan bantuan) sejak sore menjelang magrib, kita mengitung kebutuhan awal, ada tenda pengungsi satu set, ditambah terpal 100 unit, makanan siap saji 100 dus, dan ada dua mobil (untuk mobilisasi) kita bawa masuk ke kapal,” jelasnya.

Perjalanan diperkirakan memakan estimasi hingga, Sabtu (23/3/2024) pagi besok, pukul 06.00 WIB. “Pantauan perjalanan InsyaAllah tidak ada kendala, mudah-mudahan perjalanan kapal lancar-lancar saja,” pungkasnya. (bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs