Rabu, 19 Juni 2024

Sejumlah Kota Besar Indonesia Diprakirakan Hujan, Cuaca Surabaya Cerah Berawan

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Hujan diprakirakan membasahi sejumlah kota. Siapkan payung dan jas hujan Anda! Foto: Getty Images

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan mayoritas kota-kota besar di Indonesia diguyur hujan pada Selasa (21/5/2024) ini.

Seperti yang dilaporkan Antara, BMKG memprakirakan hujan disertai petir mengguyur sejumlah kota seperti Banda Aceh, Palembang, Bandar Lampung, Bandung, Pontianak, dan Banjarmasin.

Sementara hujan dengan intensitas sedang diprakirakan turun di Medan, Tanjung Pinang, Kendari, Ambon, dan Ternate dengan suhu udara berkisar 23-32 derajat celsius, dan kelembapan antara 70-100 persen.

Hujan dengan intensitas ringan juga diprakirakan mengguyur sejumlah kota seperti Padang, Pekanbaru, Jambi, Pangkal Pinang, Serang, Palangkaraya, Gorontalo, Manado, dan Manokwari.

Sejumlah wilayah juga diprakirakan berawan, di antaranya Bengkulu, Samarinda, Mataram, Mamuju, Makassar, dan Jayapura.

Adapun cuaca cerah berawan diprakirakan terjadi di Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Tarakan, dan Kupang.

Menurut prediksi BMKG, angin di wilayah Indonesia umumnya bertiup dari arah timur dan tenggara dengan kecepatan angin berkisar antara 10 hingga 50 kilometer per jam.

Kecepatan angin meningkat hingga lebih dari 25 knot terpantau ada di Laut Banda, Laut Arafuru dari Samudera Hindia sebelah selatan Nusa Tenggara Timur hingga Banten yang mampu meningkatkan tinggi gelombang di wilayah sekitar perairan tersebut.

Suhu udara umumnya berkisar antara 20 hingga 34 derajat Celcius dengan kelembapan udara rentang 55 hingga 100 persen.

“Tinggi gelombang laut di wilayah Indonesia secara umum berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter. Waspadai potensi banjir rob di pesisir utara Jawa Tengah,” tutur Syndhy Indah Pratiwi Prakirawan BMKG. (ant/azw/saf/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 19 Juni 2024
29o
Kurs