Minggu, 28 April 2024

Sempat Dievakuasi Keluar Saat Gempa, Pasien RS Husada Utama Sudah Dibawa Masuk Kembali

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pasien ICU di Rumah Sakit Husada Utama saat menerima perawatan dari petugas, Jumat (22/3/2024). Foto: Firman Magang suarasurabaya.net Pasien ICU di Rumah Sakit Husada Utama saat menerima perawatan dari petugas, Jumat (22/3/2024). Foto: Firman Magang suarasurabaya.net

Rumah Sakit (RS) Husada Utama (HU) Surabaya memastikan seluruh pasiennya yang sempat dievakuasi keluar karena efek gempa Tuban, sudah kembali dimasukkan ke dalam RS saat keaadan kondusif.

Alisha Rahmadaniar Public Relation Humas RSHU Surabaya mengatakan, pasien yang masuk usai evakuasi, di bagi sesuai golongan masing-masing dan tetap diberikan peralatan penunjang dan perawatan secara berkala.

“Pasien ICU kami pindahkan ke Ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD), (sedangkan) untuk pasien rawat inap kita pindahkan sementara ke lobby utama,” ucapnya ditemui suarasurabaya.net, Jumat (22/3/2024).

Ratusan pasien rawat jalan yang dievakuasi di halaman belakang Rumah Sakit Husada Utama, Jumat (22/3/2024). Foto: Firman Magang suarasurabaya.net

Terkait proses evakuasi, dia memastikan para petugas sudah menjalankan dengan sesuai prosedur dan proses evakuasi berjalan lancar tanpa kendala apapun.

“Kita pakai dua tangga darurat yang ada di RSHU dan kita beri pengarahan untuk pasien serta keluarga pasien agar tidak cemas,” tegasnya.

Ia juga memastikan, seluruh pasien di RSHU yang sebanyak 150 telah tertangani sesuai prosedur yang ada.

Alisha juga menjelaskan, pihak RSHU sudah menyiapkan tempat evakuasi yang berlokasi di bangungan RS lainnya, serta di lapangan kosong.

“Kita sambil menunggu informasi dari pihak Pemerintahan Provinsi (Pemprov) untuk pastikan kondisi sudah aman total,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Pasien dibawa keluar saat gempa susulan terjadi sekitar pukul 15.54 WIB. Para pasien dibawa keluar melalui tangga darurat RSHU.

Samudi salah satu pasien RSHU yang dievakuasi usai gempa itu mengatakan, saat gempa para petugas langsung masuk ke ruangan dan melakukan evakuasi melalui tangga darurat.

“Tadi siang sudah ada penanganan dari petugas, tapi dikira sudah aman dan tidak jadi dievakuasi, evakuasi baru tadi sore itu,” ucapnya.

Saat ditangga darurat, lanjutnya, menurutnya sangat ramai sekali karena para pasien dievakuasi turun secara bersamaan.

Diyah salah satu keluarga pasien juga mengatakan, semua keluarga dan pasien sempat merasa panik saat evakuasi dilakukan.

“Petugas menyampaikan (ke pasien dan keluarga) untuk tenang dan tidak panik saat sudah berada di halaman belakang RS,”tandasnya. (man/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
30o
Kurs