Minggu, 19 Mei 2024

Serentak di Seluruh Indonesia, Civitas Akademika Muhammadiyah Gelar Aksi Bela Palestina di Kampus Masing-Masing

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya melangsungkan akai bela Palestina di halaman At-Tauhid Tower UM Surabaya, Selasa (7/5/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya melangsungkan akai bela Palestina di halaman At-Tauhid Tower UM Surabaya, Selasa (7/5/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Civitas akademika dari seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) di Indonesia serentak melangsungkan aksi bela Palestina di kampus masing-masing, pada Selasa (7/5/2024).

Di Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, aksi tersebut digelar dengan melakukan teater pembebasan dan pembacaan puisi berantai di halaman At-Tauhid Tower UM Surabaya.

“Ini serempak dilaksanakan bersama di seluruh Indonesia, dengan tujuan untuk mendukung freedom of Palestina, terutama mengecam aksi agresi dari Israel ke Palestina,” kata Ma’ruf Sya’ban Wakil Rektor I UM Surabaya kepada awak media seusai aksi.

Para dosen UM Surabaya saat melakukan aksi bela Palestina, Selasa (7/5/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Aksi tersebut diikuti oleh mahasiswa, dosen hingga para pimpinan kampus. Sebagian besar di antara mereka membawa atribut dukungan seperti poster hingga bendera Palestina.

“Diikuti juga oleh mahasiswa internasional dari Palestina, karena bertepatan sekali dengan perjuangan Palestina dalam menghadapi serangan dari Israel,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Sondos Jehad Shnewra mahasiswa Pascasarjana UM Surabaya asal Palestina mengucapkan terima kasih kepada civitas akademika Muhamamdiyah yang terus memberikan dukungan kepada Gaza, Palestina.

“Aku bahagia dengan perasaan kalian, terima kasih untuk hari ini dan aku harap Palestina merdeka, berharap orang Indonesia dapat berdoa di masjid Aqsa,” ucapnya.

Salah satu mahasiswa UM Surabaya saat membacakan puisi bela Palestina di halaman At-Tauhid Tower UM Surabaya, Selasa (7/5/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Dalam aksi bela Palestina tersebut, ia turut membacakan puisi dengan judul “Tanah Ini Milik Kami” bersama beberapa mahasiswa asing lainnya dari Thailand dan Yaman.

Ketika membaca puisi, ia juga berharap melalui bait-baitnya agar negaranya bisa terbebas dari ancaman dan tawanan musuh.

“Saya berdoa dan sangat berharap Palestina bisa menjalani hari-hari yang damai dan tentram tanpa ada perasaan cemas setiap hari,” ujar perempuan yang sedang mengambil studi Pascasarjana di UM Surabaya tersebut.

Seperti diketahui, aksi tersebut diadakan sebagai respon civitas akademika atas kebrutalan Israel yang hingga hari ini masih berlangsung. (ris/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya
Kurs
Exit mobile version