Sabtu, 18 Mei 2024

Tiga Bandara di Indonesia Layani Fast Track pada Pelaksanaan Haji 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi jemaah haji menuju pesawat Saudia Airlines yang akan membawa mereka ke Tanah Suci. Ilustrasi jemaah haji menuju pesawat Saudia Airlines yang akan membawa mereka ke Tanah Suci. Foto: Kemenag RI

Kementerian Agama (Kemenag) menyebut, pada penyelenggaraan haji tahun ini embarkasi Surabaya untuk kali pertama mengunakan layanan fast track.

Menurut Saiful Mujab Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ditjen PHU Kemenag, layanan ini adalah sebuah penghargaan yang diberikan Pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia.

Saudi menyediakan tiga layanan fast track dalam Mecca Route Haji 1445 H/2024 M, yakni Bandara Juanda, Bandara Adi Soemarmo, dan Bandara Soekarno-Hatta.

“Hanya Indonesia yang memiliki tiga layanan fast track di dunia dalam penyelengaraan ibadah haji,” tandas Saiful dalam laman resmi Kemenag.

Dengan fast track, lanjut Saiful, jemaah saat turun di Madinah atau Jeddah bisa langsung menuju pemondokan. Ini tentu memberi kemudahan dan kenyamanan kepada jemaah haji Indonesia.

Keberangkatan jemaah haji Indonesia terbagi dalam dua gelombang. Pemberangkatan gelombang pertama dijadwalkan pada 12-23 Mei 2024. Untuk gelombang kedua, pemberangkatan jemaah akan berlangsung dari 24 Mei-10 Juni 2024.

“Pada 12 Mei nanti ada 22 kloter yang akan menuju tanah suci, termasuk dari Embarkasi Surabaya. Kami memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemprov Jatim yang ikut berkomitmen dalam memberikan pelayanan kepada Jemaah Haji,” kata Saiful.

Sementara itu, pada penyelengaraan ibadah haji 2024, Indonesia akan memberangkatkan 241.000 jemaah.

Mereka terbagi dalam 554 kelompok terbang (kloter). Sebanyak 294 kloter terbang dengan Garuda Indonesia, 260 kloter dengan Saudia Airlines. (sya/saf)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya
Kurs
Exit mobile version