Jumat, 3 Mei 2024

TNI AU dan Militer AS Agendakan Latihan Bersama Juli 2024

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
TNI AU dan Militer AS Dipastikan Gelar Latihan Bersama Juli 2024 Jajaran TNI AU dan United State Pacific Air Force (US PACAF) bertemu di Gedung Bina Yudha Pangkalan Udara (Lanud) Abd Saleh, Malang, Jawa Timur, Selasa (16/4/2024). Foto: HO-Humas TNI

TNI AU dan militer Amerika Serikat yakni United State Pacific Air Force (US PACAF) akan menggelar latihan bersama dalam ajang Cope WestMAF 2024, bulan Juli 2024.

Jajaran TNI AU dan US PACAF sudah melakukan pertemuan terakhir untuk membahas persiapan latihan bersama, di Gedung Bina Yudha Pangkalan Udara (Lanud) Abd Saleh, Malang, Jawa Timur, Selasa (16/4/2024).

TNI AU dalam siaran pers yang dilansir Antara, Jumat (19/4/2024), menyebut persiapan ajang Cope West MAF 2024 itu membahas beberapa hal seperti persiapan manuver latihan, kesiapan tempat, skenario kegiatan, hingga dukungan administrasi dan logistik.

Dalam kegiatan latihan tersebut, TNI AU akan menurunkan pesawat C-130 TNI AU, personel Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat).

Dengan adanya kegiatan itu, pihak TNI AU berharap membuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat semakin harmonis, serta jajarannya dapat mengalami peningkatan kualitas SDM personel dan alutsista.

Sebelumnya, TNI AU tengah gencar merangkul beberapa negara untuk melakoni latihan bersama. Yang paling baru yakni kerja sama latihan gabungan dengan militer udara Perancis yakni French Air and Space Foreca (FASF).

Lebih lanjut, dalam siaran pers tersebut, dijelaskan kerja sama yang dilakukan yakni di bidang latihan, pendidikan, Subject Matter Exchange Expert (SMEE) dan operasi penerbangan.

Dengan latihan bareng, kedua negara berkesempatan untuk saling bertukar personel, instruktur dan materi pendidikan.

Tidak hanya itu, latihan juga memfasilitasi kedua negara untuk saling bertukar tenaga ahli atau spesial dalam bidang taktik dan alutsista.

Kemudian, latihan juga memungkinkan kedua negara saling bertukar pengalaman dan teknik dalam operasi penerbangan dalam menjaga teritorial negara.(ant/sya/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs