Rabu, 19 Juni 2024

Uji Coba Kereta Otonom Tanpa Rel di IKN Nusantara Dilakukan Agustus

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Autonomous Rail Rapid Transit (ART) adalah kendaraan listrik kecil persilangan antara bus, kereta api, dan trem. Foto: People's Daily

Uji coba proyek kereta otonom tanpa rel atau Autonomous Rail Rapid Transit (ART) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bakal dilakukan pada Agustus 2024.

“(Perkembangan proyek kereta otonom tanpa rel di IKN) kita harapkan Agustus itu ada uji coba,” kata Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan (Menhub) dilansir Antara pada Rabu (29/5/2024) dini hari.

Budi menyampaikan, proyek kereta otonom tanpa rel di IKN ini belum dibangun dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Selain itu, Menhub juga belum dapat memastikan kapan proyek kereta otonom tanpa rel itu bakal dikomersialkan ke publik.

“Belum komersial dan belum merupakan pembangunan yang sifatnya dari APBN, tapi uji coba,” ucap Menhub.

Menhub menambahkan bahwa asal kereta tersebut akan diimpor dari China. Kereta otonom ini menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet. “(Itu rangkaian keretanya dari China?) Iya,” ungkap Menhub.

Sebelumnya, Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mencanangkan untuk melakukan uji coba kendaraan otonom, kereta otonom tanpa rel (autonomous rail rapid transit), dan taksi terbang (advanced air mobility) pada Juli 2024.

IKN Nusantara memang dirancang sebagai ibu kota yang menerapkan konsep kota cerdas, berlandaskan prinsip hijau dan berkelanjutan.

Pengembangan infrastruktur, sebagai sektor kritikal, akan dijalankan dengan prinsip-prinsip tersebut untuk membantu meningkatkan kinerja operasional kota dan kualitas hidup penduduk. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

Kurs
Exit mobile version