Senin, 20 Mei 2024

Undika Tingkatkan Kontribusi di Bidang Teknologi Pembelajaran Lewat Guru Besar Baru

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pengukuhan besar bidang Ilmu Teknologi Pembelajaran Universitas Dinamika (Undika) Stikom Surabaya, Kamis (2/5/2024). Foto: Humas Undika Pengukuhan besar bidang Ilmu Teknologi Pembelajaran Universitas Dinamika (Undika) Stikom Surabaya, Kamis (2/5/2024). Foto: Humas Undika

Universitas Dinamika (Undika) Stikom Surabaya mengukuhkan Bambang Hariadi Guru Besar Fakultas Desain dan Industri Kreatif (FDIK) sebagai salah satu guru besar di bidang Ilmu Teknologi Pembelajaran, Kamis (2/5/2024).

Bambang saat pengukuhan mengatakan, terdapat beberapa perbedaan pembelajaran antara generasi lampau dengan generasi saat ini sehingga tenaga pendidik harus bisa memahami perbedaan gaya belajar pada tiap generasi.

“Dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini, kita sebagai pendidik harus tetap beradaptasi dengan kemajuan teknologi untuk memberikan gaya pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak. Maka dari itu, kita perlu Smart Learning,” ujar Bambang saat menyampaikan orasi ilmiah yang berjudul “Pembelajaran yang Menyenangkan pada Setiap Generasi”.

Smart Learning adalah pembelajaran yang bisa mewadahi tiap karakteristik belajar anak-anak. Salah satu contohnya, lanjutnya, dengan menggunakan Learning Management System (LMS) bernama MoLearn untuk siswa SMA yang pernah dia kembangkan pada tahun 2017.

“Melalui MoLearn yang bisa diakses melalui web dan android, para siswa bisa mempelajari bahan-bahan ajar dan bisa melakukan ujian dari MoLearn,” kata Bambang.

Selain MoLearn, ia bersama teman-teman peneliti lainnya juga menciptakan LMS “Brilian” untuk mahasiswa pada tahun 2014.

Pengukuhan besar bidang Ilmu Teknologi Pembelajaran Universitas Dinamika (Undika) Stikom Surabaya, Kamis (2/5/2024). Foto: Humas Undika

Pengukuhan besar bidang Ilmu Teknologi Pembelajaran Universitas Dinamika (Undika) Stikom Surabaya, Kamis (2/5/2024). Foto: Humas Undika

Di dalam “Brilian” mahasiswa dapat mengakses materi, pengumuman, daftar kehadiran, cek plagiarisme, dan online learning dalam satu tempat. Kemudian pada tahun 2023, “Brilian” dikembangkan menjadi Undika Futuristic Learning (UFL).

“Melalui UFL, kita menerapkan pembelajaran blended dan hybrid learning, yang memudahkan mahasiswa untuk tetap mengikuti kelas di mana saja dan kapan saja,” ucapnya.

Dia menambahkan bahwa pembelajaran yang nyaman yakni ketika para dosen maupun pendidik bisa menyiapkan pembelajaran dengan memperhatikan karakteristik, gaya belajar, dan perkembangan zaman.

“Diharapkan ketiga hal ini bisa menciptakan pembelajaran yang nyaman dan berujung pada peningkatan hasil belajar,” pungkas Bambang.

Diketahui, acara Pengukuhan Guru Besar ini bertepatan dengan peringatan Dies Natalis ke-41 Universitas Dinamika yang berlangsung di Ruang Laksda Mardiono, lantai 1 gedung Universitas Dinamika (Undika) Stikom Surabaya.

Turut hadir perwakilan dari LLDIKTI Wilayah VII, Bhakti Sentosa Ketua Pembina Yayasan Putra, serta para struktural non-dosen, dosen, dan masih banyak lagi.

Acara dibuka pukul 09.00 WIB oleh Budi Jatmiko, Rektor Universitas Dinamika. Dilanjutkan dengan pembacaan salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tentang kenaikan jabatan akademik dosen oleh Pantjawati Sudarmaningtyas, Wakil Rektor I Universitas Dinamika.

Selanjutnya prosesi pengukuhan guru besar dipimpin oleh Rektor Universitas Dinamika sekaligus pengalungan gordon ke Bambang Hariadi sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Teknologi Pembelajaran Fakultas Desain dan Industri Kreatif (FDIK) Universitas Dinamika. (azw/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
32o
Kurs