Senin, 29 April 2024

Untag Surabaya Tingkatkan Kualitas Pendidikan dengan Menggandeng University of Salzburg Austria

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Untag Surabaya menjalin kerja sama dengan University of Salzburg Austria, sebagai bagian dari internasionalisasi perguruan tinggi. Foto: Untag Surabaya

Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya menjalin kerja sama dengan Paris Lodron University of Salzburg (University of Salzburg), Austria sebagai bagian dari internasionalisasi perguruan tinggi.

Amalia Nurul Muthmainnah Kepala Bidang Kemitraan Luar Negeri Untag Surabaya mengatakan kerja sama itu merupakan rencana strategis Untag Surabaya sebagai bagian dari meningkatkan kualitas pendidikan perguruan tinggi.

“Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) dengan University of Salzburg merupakan bagian dari rencana Untag selama lima tahun ini untuk menjalin kerja sama internasional sebanyak mungkin,” katanya dalam keterangan yang diterima, Minggu (17/3/2024).

Amalia mengatakan, ada beberapa kesepakatan yang telah didiskusikan secara detail terkait teknis implementasi kerja sama dan telah disetujui, yakni seperti keterlibatan simposium internasional dan pertukaran mahasiswa antar kedua universitas.

Ia berharap, seluruh civitas akademika dapat berpartisipasi aktif dalam segala kegiatan internasional yang akan diselenggarakan oleh Untag Surabaya dengan mitra luar negerinya

“Dengan adanya kerja sama ini, harapannya dapat meningkatkan eksposur internasional kepada mahasiswa dan dosen. Selain itu, hal ini juga diharapkan memotivasi seluruh civitas akademica Untag Surabaya untuk aktif di kegiatan-kegiatan internasional di masa depan khususnya dengan University of Salzburg,” ujarnya.

Sementara itu, Josef Stappel Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi University of Salzburg mengatakan, kerja sama itu dapat menghasilkan sebuah penelitian yang membahas terkait human research.

“Saya ingin University of Salzburg dan Untag Surabaya dapat berkolaborasi dalam hal melakukan penelitian bersama dengan mencari topik umum terkait ilmu komunikasi seperti human research yang tampaknya dapat menjadi topik yang serupa antara Untag Surabaya dan University of Salzburg,” katanya.

Selain itu, ia juga berharap Untag Surabaya dan University of Salzburg dapat bertukar budaya melalui kolaborasi ini.

“Kolaborasi antara mahasiswa maupun dosen merupakan benefit yang menguntungkan. Maka dari itu, saya berharap dengan kolaborasi lintas negara ini memberi pengalaman bagi kita,” ucapnya.

Seperti diketahui, kesepakatan kerja sama itu, telah dilakukan pada tanggal 13 Maret 2024. Dalam prosesnya, juga diadakan kuliah tamu bertajuk “Digital Platform Power Play” yang digelar di Untag Surabaya. (ris/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs