Senin, 6 Mei 2024

Wali Kota Surabaya Berharap Parkir Nontunai Hapus Jukir Nakal Tarik Tarif Mahal

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, saat diwawancarai pers, Kamis (11/1/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Wali Kota Surabaya mengharapkan kebijakan parkir nontunai akan menghapus juru parkir (jukir) nakal yang menarik tarif mahal pada pengendara.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut, masih banyak jukir yang menarik tarif lebih dari seharusnya baik pada pengendara roda dua atau empat.

“Ini kan Suroboyo, ada parkir yang ditarik Rp5.000 (untuk sepeda motor–Red). Ini sudah tidak ada lagi kan, jadi warga Surabaya juga tenang. Jadi ayo kita tidak ada yang jagoan dan yang benar ditunjukkan,” kata Eri, Jumat (12/1/2024).

Termasuk setoran retribusi parkir dari juru parkir (jukir) ke dishub yang seringkali tidak tersampai.

“Kalau laporan bermain itu kan selalu tidak tercapai, tapi kita diskusikan dengan jukir ngomongnya disetor ke dishub, tapi tidak tersampaikan. Padahal sudah disetor,” katanya lagi.

Ke depan, kebijakan ini diharapkan menghapus segala kenakalan dari jukir maupun oknum dishub. Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor parkir tercapai, pendapatan jukir pun sesuai.

“Selama ini juru parkir selalu menyampaikan, tidak terpenuhi karena apa, saya sudah setor ke Dishub. Berarti siapa yang benar, sehingga kita akan lakukan dengan model nontunai. Nontunai tidak hanya QRIS, bisa pakai voucher. Sehingga kita tahu berapa yang diterima juru parkirnya,” beber Eri.

Diketahui, kebijakan parkir nontunai di seluruh titik parkir Tepi Jalan Umum (TJU) Kota Surabaya per Februari 2024 mendatang. (lta/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
26o
Kurs