Rabu, 1 Mei 2024

Wali Kota Surabaya Instruksikan Pengamanan Lebaran Fokus Rumah Kosong yang Ditinggal Mudik

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya saat diwawancarai media usai apel pengamanan Lebaran, Kamis (4/4/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menginstruksikan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Formopimda) untuk fokus mengamankan rumah kosong yang ditinggal mudik pemiliknya.

Instruksi itu disampaikan Wali Kota ke seluruh jajaran saat apel pasukan pengamanan Lebaran di Balai Kota Surabaya, Kamis (4/4/2024) sore tadi.

“Saya minta tolong, seluruh peserta apel untuk pengamanan ikhlas menjaga Kota Surabaya. Ini momen sakral. Bagaimana semua ke sanak saudara meminta maaf tapi kita bertugas. Kota Surabaya terkenal nyaman dan aman kita harus pertahankan. Apalagi Lebaran pasti ada yang masuk ke Surabaya,” katanya, Kamis (4/4/2024).

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya dan jajaran Forkopimda mengecek kesiapan petugas pengamanan Lebaran, Kamis (4/4/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Warga yang mudik diminta lapor RT dan RW, kemudian secara swadaya diamankan masyarakat yang tidak pulang kampung.

“Setiap RW sudah kami sampaikan untuk memerhatikan rumah-rumah yang ditinggal warganya. Sehingga, akan kami koordinasikan dengan lurah, camat, bhabinkamtibmas, dan bhabinsa. Kami akan berputar di setiap RW dengan kekuatan warga,” bebernya.

Selain mencegah kecelakaan, fokus pengamanan rumah kosong yang ditinggal mudik tahun ini, agar tidak dijarah atau jadi sasaran pencurian.

“Tiap tahun menurun (kasus pencurian–red), semoga tahun ini juga,” tambahnya.

Semua portal yang ada, diminta tutup sesuai jam malam yang dibatasi. Eri juga meminta warga mencurigai orang asing di perkampungan masing-masing.

“Kalau ada yang mencurigakan, empati menanyakan kalau ada orang tak dikenal ke kampung itu,” tandasnya. (lta/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
32o
Kurs