Selasa, 30 April 2024

Wali Kota Surabaya Rotasi Lagi 54 Pejabat Kecamatan hingga Kelurahan

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya melantik 54 pejabat kelurahan hingga kecamatan yang dirotasi, Kamis (21/3/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya kembali melakukan rotasi di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Total ada 54 pejabat kecamatan hingga kelurahan yang dilantik hari ini, Kamis (21/3/2024).

Eri menyebut, rotasi ini dilakukan untuk mengisi kekosongan jabatan, mulai dari lurah, sekretaris kecamatan, kepala sub bagian umum, kepegawaian kecamatan, hingga kepala seksi kelurahan.

“Ini mengisi yang kosong, ada beberapa Lurah yang kosong kita menaikkan Lurah, sehingga ketika menaikkan Lurah di kecamatan juga ada yang kosong karena pensiun kita isi lagi,” kata Eri, Kamis (21/3/2024).

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya saat memimpin rotasi pejabat di Balai Kota Surabaya, Kamis (21/3/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Wali Kota Surabaya menyebut, dari 54 posisi tersebut, 20 di antaranya merupakan jabatan kosong.

“Hari ini saya sampaikan kalau ada yang kosong langsung isi. Perputaran ini ada yang memang dia (pejabat) mengisi (jabatan) yang kosong dan ada yang berputar. Ada sekitar 20 lebih yang kosong,” imbuhnya.

Rencananaya pada bulan Mei mendatang, Eri mengungkap akan ada rotasi lagi menggantikan 10 lurah yang pensiun, sehingga jabatannya kosong.

“Kita minta yang terpenting dalam pelayanan ini tidak ada yang kosong terutama kelurahan dan kecamatan karena pelayanannya langsung ke masyarakat,” tandasnya.

Sebelumnya pada 29 Desember lalu, Eri sudah merotasi 231 Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot, termasuk sembilan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Mantan Kepala Bappeko Pemkot Surabaya itu menegaskan, rotasi yang didominasi pejabat lingkup kelurahan dan kecamatan tersebut bukan karena sanksi atau degradasi. Melainkan hanya menguji kompetensi.

Ia tetap memberi Pekerjaan Rumah (PR) khusus soal percepatan progres penanganan saluran, Penerangan Jalan Umum (PJU) dan pelayanan publik yang harus nampak 2024. (ita/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs