Jumat, 3 Mei 2024

Warga Iran Gelar Aksi Nasional Dukung Serangan ke Israel

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Para pengunjuk rasa menghadiri rapat umum di Teheran, Iran, 19 April 2024. Foto: Antara/ Xinhua

Warga Iran pada Jumat (19/4/2024) dilaporkan menggelar sejumlah aksi unjuk rasa skala nasional untuk menyatakan dukungan atas serangan balasan negara itu terhadap sejumlah target di Israel pekan lalu.

Dilansir Antara dari kantor berita IRNA, para demonstran berjalan kaki hampir 1 kilometer dari Universitas Teheran ke Alun-Alun Enghelab.

Mereka membawa plakat yang bertuliskan slogan-slogan untuk menentang Israel dan Amerika Serikat (AS), serta menyatakan dukungan terhadap serangan yang dilancarkan Iran ke Israel pada 13 April malam.

Iran diketahui menembakkan ratusan rudal dan drone ke arah Israel pada 13 April lau, sebagai respons atas serangan udara Israel ke bagian konsuler kedutaan Iran di ibu kota Suriah, Damaskus, pada 1 April, yang menewaskan tujuh warga Iran, termasuk dua komandan veteran.

Unjuk rasa tersebut juga menunjukkan solidaritas untuk Palestina, dan menegaskan bahwa Palestina akan “dibebaskan” penjajahan Israel.

Aksi unjuk rasa serupa juga digelar di kota-kota lain, termasuk Tabriz, Mashhad, dan Isfahan, di mana para partisipan menyebut serangan drone dan rudal Iran sebagai “pembelaan yang sah.” (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs