Rabu, 19 Juni 2024

World Water Council Jadikan Indonesia Ibu Kota Air Dunia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Loïc Fauchon President of the World Water Council Loïc Fauchon President of the World Water Council saat berpidato dalam agenda pembukaan KTT World Water Forum (WWF) Ke-10 di Bali Internasional Convention Center (BICC), Bali, Senin (20/5/2024). Foto: Antara

Loïc Fauchon Presiden World Water Council menjadikan Indonesia sebagai Ibu Kota Perairan Dunia, dengan Bali menjadi pusat air dunia selama gelaran World Water Forum ke-10 pada pekan ini.

“Ya, Indonesia adalah Ibu Kota Perairan Dunia dan Bali pusat air dunia selama minggu ini,” kata Loïc Fauchon seperti dilansir Antara, Senin (20/5/2024).

Dalam kesempatan itu, ia pun berterima kasih kepada Indonesia, karena telah mempersiapkan forum yang bergulir pada 19-25 Mei 2024 dengan baik dan penuh keramahan.

Fauchon juga mengatakan keanggotaan WWF yang kini diperkuat 148 negara selalu membawa peran sebagai Water Messenger atau Duta Air.

“Joko Widodo Presiden mengabulkan permintaan saya, pada saat itu G-20, untuk menjadi Water Messenger dan sekali lagi saya ucapkan terima kasih,” katanya.

Namun, peran sebagai Water Messenger saja tidaklah cukup, Fauchon turut mendorong seluruh pemangku kebijakan bisa mempengaruhi masyarakat untuk memperbanyak inovasi, pendanaan, hingga tata kelola air yang lebih baik.

“Para utusan, yang tentu saja para pejuang harus berjuang, berjuang secara damai, berjuang demi perdamaian air untuk keamanannya, untuk kemakmuran,” ucap Fauchon.

Lebih lanjut, ia berharap peran Indonesia sebagai tuan rumah perhelatan WWF tahun ini bisa menjadi penanda perubahan menuju tindakan nyata pada tata kelola air secara global. (ant/sya/bil/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 19 Juni 2024
28o
Kurs