Sabtu, 25 Mei 2024
Uswah - YDSF

Susu Kambing dalam Perjalanan Hijrah Rasulullah

Laporan oleh Eddy Prastyo
Bagikan
Ilustrasi

Nabi dan Abu Bakar berhenti di tempat tersebut, hendak membeli kurma, daging, dan susu pada Ummu Ma’bad (Atiqah binti Khalid) yang biasanya menjual kurma dan sebagainya di tempatnya yang terletak di tengah jalan itu. Pada waktu itu, persediaan barang Ummu Ma’bad sedang habis dan ia berkata kepada Nabi dan Abu Bakar, “Demi Allah, seandainaya ada sesuatu yang sedang Tuan-tuan butuhkan, tentulah tidak usah Tuan-tuan beli.”

Pada saat itu, Nabi melihat seekor kambing di dekat rumah Ummu Ma’bad, kemudian beliau bertanya kepada Ummu Ma’bad, “Itu kambing apa, hai Ummu Ma’bad?” Ummu Ma’bad menjawab, “Kambing itu sedang menderita payah dan sakit.” Memang kambing yang ditanyakan Rasulullah itu kelihatan kurus.

Sekalipun begitu, Nabi bertanya lagi, “Adakah kambing itu mengeluarkan air susu?” Ummu Ma’bad menjawab, “Sudah tentu tidak Tuan. Karena kalau mengeluarkan air susu, sudah tentu lebih sengsara keadaanya, bukan?”

Nabi SAW berkata pula, “Apakah kau memperkenankan aku jika kuperah air susunya?” Jawab Ummu Ma’bad, “Sekiranya Tuan Melihat, ia bersusu maka baiklah Tuan perah air susunya.” Kemudian, Nabi SAW mendekati kambing tersebut serta memegangnya sendiri, beliau memerah air susu kambing. Tiba-tiba memancarlah air susu itu banyak sekali.

Setelah itu, beliau meminta gelas kepada Ummu Ma’bad dan mengisinya dengan air susu hasilnya perahan itu, lalu beliau berikan kepada Abu Bakar supaya diminumnya. Sesudah Abu Bakar meminumnya, beliau memerah lagi satu gelas dan beliau berikan kepada Amir bin Fuhairah. Sesudah Amir menerimanya, beliau memerahnya lagi satu gelas dan diberikan kepada Abdullah bin Uraiqith. Sesudah Abdullah meminumnya, beliau memerah lagi satu gelas dan beliau minum sendiri.

Lalu beliau memerah lagi satu gelas buat dan beliau berikan kepada Ummu Ma’bad. Sesudah Ummu Ma’bad meminumnya, beliau memerah lagi satu gelas, lalu beliau berikan kepada Ummu Ma’bad sambil beliau bersabda, “Ambillah ini satu gelas buat Abu Ma’bad nanti apabila ia datang.”

Kemudian, Nabi dan Abu Bakar meneruskan perjalanan mereka. Sesudah matahari hampir terbenam, datanglah Abu Ma’bad (Aktsan namanya) dengan mengiringkan kambing-kambing yang digembalanya. Tatkala ia sampai di rumahnya tiba-tiba ia melihat segelas air susu. Karena ia merasa tidak menyediakan air susu di rumahnya dan tidak pula merasa meninggalkan di rumahnya kambing yang bersusu, ia bertanya kepada istrinya, “Dari manakah air susu satu gelas ini hai Ummu Ma’bad?”

Ummu Ma’bad menjawab dengan panjang lebar tentang asal mula adanya air susu itu. Kalau Abu Ma’bad kurang percaya, ia diminta oleh Ummu Ma’bad supaya memerah air susu kambing yang amat kurus tersebut. Ternyata, kambing yang ditinggalkannya itu, apabila diperah mengeluarkan air susu yang tidak sedikit. Abu Ma’bad amat keheranan menghadapi kejadian luar biasa itu.

Sumber : {tooltip49}

Berita Terkait

Keberkahan Rumah Tangga Nabi SAW

Keteguhan Hati Nabi SAW

Berpuasa di Negeri Sunyi


..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
33o
Kurs