Jumat, 19 April 2024

Jatim Bangun Wisma Atlet Hadapi AYG 2021

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan

Pemerintah Provinsi Jawa Timur berencana membangun wisma atlet yang mampu menampung ribuan orang dalam rangka persiapan menghadapi tuan rumah “Asian Youth Games” (AYG) atau Turnamen Olahraga Remaja se-Asia pada 2021.

“Syukurlah, Jawa Timur terpilih menjadi tuan rumah AYG 2021. Menghadapinya, kami akan membangun wisma atlet sebagai lokasi penginapan peserta,” ujar Saifullah Yusuf Wakil Gubernur Jawa Timur di Surabaya, Jumat (24/1/2014).

Penyelenggaraan AYG 2021 akan digelar di tiga daerah di provinsi ini. Selain Surabaya, Sidoarjo dan Gresik bakal menjadi venue.

Di ketiga lokasi tersebut, kata dia, belum terbangun wisma atlet. Karena itulah pihaknya segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah serta pihak terkait untuk membicarakan dan membangunnya.

“Semoga pembangunan sesuai target dan tidak ada masalah. Kami ingin menunjukkan bahwa Indonesia pada umumnya, dan Jawa Timur pada khususnya, bisa menjadi tuan rumah yang ramah dan sukses penyelenggaraannya,” kata dia seperti dilansir Antara.

Rencananya, lokasi wisma atlet dibangun di kawasan Driyorejo, Gresik. Sejumlah venue dan stadion baru juga akan dibangun di sejumlah titik di tiga daerah tersebut. Salah satunya kolam renang dengan kelas internasional.

“Kepastian di mana lokasi venue baru masih belum. Tapi yang jelas, sudah ada tiga stadion utama dan pendukung. Seperti Gelora Bung Tomo Surabaya, Gelora Delta Sidoarjo dan Stadion Petrokimia di Gresik,” katanya.

Jawa Timur dipastikan sebagai tuan rumah setelah ditunjuk “Olympic Council of Asia” (OCA) di Manila, Filipina, 17-19 Januari 2013.

Gus Ipul, sapaan akrabnya, hadir bersama Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Rita Subowo dan sejumlah pengurus KONI Jatim. Pertemuan membahas tuan rumah AYG 2021 itu dihadiri 48 negara.

“Seluruh anggota OCA memberi kesempatan Indonesia menjadi penyelenggara AYG setelah gagal menjadi tuan rumah Asian Games di Vietnam. Nah, setelah sukses menjadi tuan rumah AYG, Indonesia berpeluang ditunjuk tuan rumah Asian Games,” katanya.(ant/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs