Sabtu, 18 Mei 2024

Preview dan Prediksi Belgia vs Aljazair

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Belgia adalah salah satu pendiri FIFA yang sudah berpartisipasi pada 11 putaran final Piala Dunia dan pernah mencapai semifinal sebelum dikandaskan Argentina pada Piala Dunia 1986 di Meksiko, namun sejak berhenti di babak 16 Besar Piala Dunia 2002, mereka absen.

Seperti dilaporkan Antara, tetapi begitu lolos ke Brasil setelah 12 tahun menunggu, mereka menjadi salah satu favorit juara dunia. Hal ini berbeda dari lawannya Aljazair yang boleh dibilang medioker yang memasuki Brasil untuk menjalani petualangan keempatnya pada putaran final Piala Dunia.

Dalam debutnya pada Piala Dunia 1982 di Spanyol, Aljazair sempat mengejutkan dengan menumbangkan Jerman Barat 2-1 dan Chile 3-2, namun kekalahan 0-2 dari Austria membuatnya tersingkir menyusul skandal memalukan selama Piala Dunia ketika Austria dan Jerman Barat “main mata” pada partai menentukan.

Dua partisipasinya pada 1986 di Meksiko dan 2010 di Afrika Selatan berakhir tak memuaskan dan pada keempat kalinya ini mereka berharap mencapai prestasi lebih baik. Sayang pada laga pembuka, mereka sudah harus menghadapi tim terkuat di Grup H, Belgia.

Laga Belgia versus Aljazair di Estadio Mineirao, Belo Horizonte, Brasil, Kamis malam nanti adalah pertemuan pertama mereka di putaran final Piala Dunia, kendati pernah dua kali bertemu dalam dua laga persahabatan yang berakhir sekali seri dan sekali dimenangi Belgia.

Di atas kertas, Belgia yang berjuluk Les Diables Rouges atau Setan Merah akan menjadi pemilik laga pembuka Grup H ini, bukan saja bertradisi Piala Dunia lebih panjang dan memiliki para pemain hebat yang berlaga di klub-klub elite Eropa, namun juga mempunyai catatan manis selama kualifikasi zona Eropa dengan tak terkalahkan dan hanya kehilangan poin akibat dua kali seri.

Selain mesti mewaspadai para pemain Belgia yang eksplosif pada semua lini, Aljazair juga harus mencermati kepiawaian Setan Merah dalam menciptakan gol dari situasi set-piece karena delapan dari 14 gol terakhirnya pada putaran final Piala Dunia berasal dari situasi ini. (ant/dwi/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
32o
Kurs