Jumat, 19 April 2024

Rossi Menangi Grand Prix San Marino

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Valentino Rossi kembali ke podium teratas Moto GP dengan kemenangan di kandang sendiri di Grand Prix San Marino pada Minggu (15/9/2014) sedangkan pemuncak klasemen Marc Marquez mendapat masalah dan hanya mampu finis di posisi ke-15.

Kemenangan di Misano, sirkuit di timur Italia yang paling dekat dengan kampung halamannya, merupakan yang pertama dalam 15 bulan bagi pebalap Yamaha berusia 35 tahun ini dan mengakhiri rekor 100 persen Honda pada musim ini.

Pebalap Spanyol Marquez, yang memulai balap dari baris kedua dan sedang mengejar menyamai rekor 12 kemenangan dari 13 balap sejauh ini pada musim ini, kehilangan kendali sepeda motornya saat balap menyisakan 19 putaran, dengan mesin yang tergelincir di bawahnya saat ia sedang melakukan pengereman.

Pebalap 21 tahun itu kemudian kesulitan untuk menghidupkan sepeda motor Hondanya, dengan dibantu dorongan para Marshal.

Kemenangan perdana Yamaha pada mesin ini dilengkapi dengan finis satu-dua, di mana pebalap Spanyol Jorge Lorenzo, yang menjadi pemenang di Misano untuk tiga tahun terakhir, menduduki urutan kedua pada empat balap beruntun setelah start dari posisi terdepan.

Rekan setim Marquez, Dani Pedrosa, finis di peringkat ketiga.

Kemenangan terakhir Rossi didapatnya di Assen, di Belanda, pada Juni tahun lalu, dan kemenangan pada Minggu merupakan yang ke-81 kalinya bagi juara dunia sembilan kali ini di kategori teratas dan ke-107 di semua kelas. Itu juga membuat rekor nilainya sepanjang masa berada pada koleksi angka 5.012.

Marquez melihat keunggulannya atas Pedrosa terpangkas menjadi 74 angka dari 89 angka, dengan Rossi yang tertinggal satu angka di belakang. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs