Sabtu, 20 April 2024

Barca Juara Liga Champions, Masa Depan Luis Enrique Belum Jelas

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Luis Enrique pelatih Barcelona. Foto: getty

Kendati Barcelona berhasil menjuarai Liga Champions dan mencetak treble-menjuarai tiga kompetisi-Luis Enrique pelatih Barcelona menolak untuk berkomentar tentang apakah ia akan tetap menangani tim Catalunia itu di musim depan.

Luis Enrique berhasil menyamai pencapaian pelatih tersukses Barca, Pep Guardiola, dengan mencetak treble di musim pertamanya, lansir BBC.

Barcelona yang ditangani Enrique memenangkan final Liga Champions di Stadion Olympiade Berlin, Sabtu (6/6/2015) malam, dengan memukul Juventus 3-1, melengkapi gelar La Liga dan Piala Raja yang sudah lebih dulu diraih.

Barca mencetak gol cepat di menit ke empat lewat Ivan Rakitic lewat umpan ANdres Iniesta, dan disamakan Alvaro Morata di menit ke 55 untuk menjadikan kedudukan 1-1.

Lionel Messi yang disebut-sebut merupakan pemain terbaik sepanjang zaman sesudah Pele, tak mencetak gol namun permainannya menginspirasi kemenangan Barca.

Di menit ke 68, tendangannya masih diblok kiper kawakan Juventus Gianluigi Buffon, namun bola muntah disambar bintang Uruguay Luis Suarez yang bersarang di jala Juventus.

Superstar asal Brasil, Neymar memastikan kemenangan Barca lewat golnya di detik terakhir pertandingan, menggenapkan kedudukan menjadi 3-1, dan memberikan gelar Liga Champions ke-5 bagi Barcelona.

Tim terbaik

Desas-desus berkembang bahwa betapapun berhasilnya ia di Barca degan mempersembahkan tiga gelar utama, Luis Enrique bisa saja tetap hengkang.

Di tengah perayaan kemenangan Liga Champions mereka yang kelima itu, wartawan bertanya apakah bekas pemain Barca dan timnas Spanyol itu akan tetap menangani Barca musim depan.

Luis Enrique menjawab: “Tidak. Saya belum tahu, tapi saya sedang bergembira sekarang ini. Tantangan yang saya hadapi adalah menikmati saat-saat ini dan menikmati (liburan) musim panas.”

“Waktunya akan tiba untuk mengambil keputusan.”

“(Saya telah melewati) musim yang sulit. Tahun transisi. Saya harus berterima kasih pada semua orang yang percaya dan yakin bahwa saya dan staf saya adalah orang paling tep[at untuk memimpin Barcelona.”

“Saya tak tertarik pada orang-orang yang mengecam saya selama ini. Kami menderita enam kekalahan dan empat hasil seri dalam 60 pertandingan. Salah satu hasil terbaik Barcelona.”

“Tanpa keraguan sama sekali, klub terbaik Eropa selama 10 tahun terakhir ini adalah Barcelona.”

Keinginan pemain?

Sempat digunjingkan tak disukai pemain di awal musim, bahkan dikabarkan bentrok dengan bintang mereka, Lionel Messi, kini para pemain tampaknya mendukung penuh Luis Enrique.

Itu setidaknya tampak dari pernyataan gelandang Andres Iniesta, kapten di pertandingan final yang mencetak sejarah sebagai pemain pertama yang memberi umpan berbuah gol pada tiga pertandingan final Liga Champions.

“Ia pelatih kami dan pemimpin kami. Saya harap kami akan tetap bersama di musim depan. Dan ia nyatanya tak mengatakan yang sebaliknya,” kata pemain berusia 31 tahun itu.

“Sungguh musim kompetisi yang spektakuler dari berbagai segi, dan (kemenangan di final Liga Champions) ini merupakan hari yang spektakuler untuk kami semua.(bbc/iss/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs