Selasa, 23 April 2024

Sepp Blatter Mengundurkan Diri Sebagai Presiden FIFA

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Sepp Blatter. Foto: BBC

Sepp Blatter mengundurkan diri sebagai presiden FIFA pada Selasa (2/6/2015) atau empat hari setelah terpilih kembali untuk masa jabatan kelima.

Pria berusia 79 tahun itu mengumumkan keputusannya pada konferensi pers di Zurich, enam hari setelah FBI menggrebek hotel di Zurich dan menahan tujuh pejabat FIFA, seperti dilansir Antara.

Blatter terpilih kembali setelah satu-satunya rivalnya Pangeran Ali bin Al Hussein asal Jordania, mengundurkan diri setelah mendapatkan 73 suara berbanding 133 suara milik Blatter pada putaran pertama pemungutan suara.

“Saya telah benar-benar mempertimbangkan dan berpikir mengenai jabatan presiden ini dalam 40 tahun terakhir dalam hidup saya,” kata Blatter dalam bahasa Prancis, pada konferensi pers yang tertunda selama 45 menit.

“Tahun-tahun itu terkait erat dengan FIFA dan keindahan olahraga sepak bola. Saya menghargai dan mencintai FIFA lebih dari apapun dan hanya ingin melakukan yang terbaik untuk sepak bola dan FIFA serta lembaga kami,” ujarnya.

“Saya memutuskan untuk maju, untuk kembali dipilih karena saya yakin itu adalah pilihan terbaik untuk sepak bola,” kata Blatter. Dia juga mengatakan, “tantangan yang dihadapi FIFA belum berakhir.”

“Meskipun anggota-anggota FIFA memberi saya mandat baru,” kata dia. “Mandat ini tampaknya tidak didukung oleh semua orang di dunia,” tambah Blatter pada momen yang sama.

“Ini mengapa saya meminta Kongres Luar Biasa diadakan sesegera mungkin untuk pemilihan presiden baru yang akan menggantikan saya,” ujar Presiden FIFA kedelapan. Ia dilantik 8 Juni 1998 lalu menggantikan Joao Havelange (Brasil). (ant/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
30o
Kurs