Sabtu, 18 Mei 2024

Delapan Orang Lolos Caketum PSSI

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Kantor PSSI. Foto: korannonstop.com

Sebanyak delapan orang lolos verifikasi sebagai calon Ketua Umum (caketum) PSSI periode 2016-2020 dan berhak untuk bertarung di Kongres PSSI di Makassar, Sulawesi Selatan, 17 Oktober 2016 mendatang.

Agum Gumelar Ketua Komite Pemilihan mengatakan, jumlah calon yang lolos ini hanya setengah dibandingkan jumlah yang ajukan oleh anggota PSSI yaitu sebanyak 16 bakal calon.

Delapan nama calon tersebut, Benhard Limbong, Djohar Arifin Husin, Eddy Rumpoko, Tonny Aprilani, Edy Rahmayadi, Moeldoko, Erwin Aksa dan Kurniawan Dwi Yulianto. Nama-nama calon sudah cukup dikenal dan salah satunya yaitu Kurniawan adalah mantan pemain nasional.

Pria yang akrab dipanggil Kurus ini juga menjadi calon termuda dibandingkan dengan calon lawannya. Pria kelahiran Magelang ini saat ini masih berusia 40 tahun. Mantan pemain Persebaya Surabaya ini, masuk bursa setelah diusung oleh tim Kwarta Medan.

“Ada beberapa bakal calon yang tidak lolos verifikasi karena tidak mengembalikan Formulir B1 (surat kesediaan menjadi calon ketua umum). Selain ada yang tidak lolos karena tersangkut masalah hukum,” kata Agum Gumelar dilansir Antara, Sabtu (10/9/2016).

Menpora Tidak Lolos Caketum

Bakal calon ketua umum PSSI yang dinyatakan tidak lolos diantaranya adalah Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Eddy Sofyan Ketua Umum Badan Sepak Bola Rakyat Indonesia (BASRI), Joko Driyono Direktur Utama PT Gelora Trisula Semesta (GTS) dan Ferry Paulus Presiden Persija.

Untuk posisi calon wakil ketua umum, ada 17 orang yang dinyatakan lolos dari 24 yang diusulkan. Diposisi ini ada nama Sihar Sitorus, Joko Driyono, Iwan Budianto, GH Sutejo, Dodi Alex Noerdin, Hinca Panjaitan, Subardi, Hadiyandra hingga Yesayas Oktavianus.

Sedangkan untuk posisi anggota Komite Eksekutif (EXCO) ada 57 calon yang dinyatakan lolos verifikasi dari 67 orang yang diajukan. Untuk posisi ini bakal ada 12 kursi yang akan diperebutkan. Satu posisi diantaranya harus diisi oleh wakil perempuan.

Dari 57 calon yang lolos, ada lima calon perempuan yang lolos yaitu srikandi Persijap Jepara yaitu Esti Puji Lestari, Diza Rasyid Ali, Eva Dwiana, Pingky Hidayati dan Vivin Cahyani. Untuk calon lain sudah cukup dikenal seperti Umuh Muchtar, Muddai Madang dan anggota EXCO sebelumnya seperti Roberto Rouw.

Bagi calon yang dinyatakan tidak lolos verifikasi masih diberikan kesempatan untuk berjuang yang jalurnya melalui Komite Banding yang diketuai oleh Erick Thohir. Proses banding mulai 12-17 September dan akan diumumkan satu hari sesudahnya. (ant/bid/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
29o
Kurs