Jumat, 29 Maret 2024

Papua Siap Gelar PON XX

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi

Dengan keterbatasan yang ada, Papua siap menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX. Bahkan KONI Pusat siap menjadi pendamping untuk kesuksesan PON empat tahun ke depan.

Penegasan itu disampaikan Tono Suratman Ketua Umum KONI Pusat menjelang acara penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat.

Budi Leksono reporter Radio Suara Surabaya, Tono mengatakan, berdasarkan koordinasi yang sudah dibangun sejak beberapa tahun terakhir, Papua sudah dinyatakan siap menjadi tuan rumah. Berbagai persiapan sudah dilakukan dengan melibatkan KONI Pusat sebagai pendamping.

Bahkan kata Tono, sudah ada gambaran 5 daerah di Papua yang dipakai untuk pelaksanan PON 4 tahun mendatang. Kelima daerah dianggap paling siap menjadi tuan rumah ketimbang beberapa daerah lain yang tersebar di Papua. Selain itu, untuk sementara juga sudah ditentukan berapa cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

Sementara itu secara terpisah, Lukas Enembe Gubernur Papua mengatakan, untuk pelaksaan PON Papua memang membutuhkan dana yang cukup besar. Tapi semua itu akan terus dibicarakan dan dikoordinasikan termasuk dengan KONI dan Pemerintah Pusat.

Harapannya dengan keterlibatan yang ada, Papua bisa sukses menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 4 tahun mendatang. Lukas juga mengucapkan terima kasih pada pemerintah yang sudah memberi kepercayaan pada Papua untuk menjadi tuan rumah. Yang jelas katanya, kepercayaan yang sudah diberikan pada Papua akan benar-benar dimanfaatkan semaksimal mungkin sehingga seluruh persiapan ataupun pelaksanaan nanti bisa berjalan lancar dan sukses.

Diberitakan sebelumnya, sesudah Jawa Barat Pekan Olahraga Nasional (PON) XX akan digelar di Papua. Banyak yang meragukan kesiapan Papua untuk menjadi tuan rumah. Tapi keraguan ini dibantah KONI Pusat sebagai induk organisasi olahraga di Indonesia.

Bahkan Tono Suratman Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat mengatakan, Papua bisa menjadi tuan rumah. Asalkan mendapat dukungan banyak pihak. Termasuk pemerintah pusat dan provinsi lain karena tanpa dukungan banyak pihak mustahil pelaksanaan PON di Papua bisa terwujud. (bud/dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs