Minggu, 28 April 2024

Pelatihan Cabang Olahraga Berprestasi Dipusatkan di Cibubur

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Imam Nahrawi Menpora (kiri) bersama peraih medali Olimpiade Rio 2016. Foto: kemenpora.go.id

Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) segera memusatkan pelatihan cabang olahraga yang dianggap potensial menorehkan prestasi dalam ajang bergengsi seperti Olimpiade, di kawasan Cibubur, Jakarta Timur.

“Saya sudah mempercepat pengambilan keputusan, beberapa cabang olahraga seperti angkat besi, panahan, dan cabang olahraga lainnya kami akan memindahkan ke Cibubur karena kami punya olympic center, pelatnas di sana,” katanya di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (24/8/2016), seperti dilansir Antara.

Nahwari menambahkan, berbagai fasilitas pelatihan, tempat tinggal, sampai dokter dan fasilitas pendukung lainnya sudah disiapkan di Olympic Center, Cibubur.

Dia mengaku menerima perintah dan instruksi langsung dari Joko Widodo Presiden RI untuk memprioritaskan pembinaan terhadap cabang olahraga yang potensial mendapatkan medali di olimpiade. Makanya, hal itu tidak boleh ditunda lagi dan harus segera mungkin dilaksanakan.

“Kita akan benar-benar serius pada fokus pendanaan dan kebijakan,” tegasnya.

Meski begitu, ia menyadari bahwa rencana ini membutuhkan dukungan semua pihak karena dari sisi pembinaan sampai kompetisi, penyesuaian, keterampilan, bahkan hingga teknologi terbaru sampai terapan baru dari olahraga membutuhkan dana besar.

Alhamdulillah Bapak Presiden baru saja menyetujui agar membentuk yayasan pendanaan olahraga,” ungkapnya.

Yayasan itulah yang nantinya akan menangani pemberian bantuan sekaligus pendampingan kepada atlet berprestasi. Itu diperlukan karena alokasi APBN untuk pos bonus bagi atlet berprestasi tidak sebesar yang diharapkan.

“Termasuk APBN untuk masa depan atlet yang sudah mulai kami anggarkan tahun 2016 ini harus berjalan sampai kapanpun. Maka dibutuhkan yayasan atau lembaga yang didukung oleh semua masyarakat untuk mendanai olahraga,” pungkasnya. (ant/rid/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
32o
Kurs