Jumat, 10 Mei 2024

Penuh Drama, Maverick Vinales Menang di Silverstone Circuit Inggris

Laporan oleh Tito Adam Primadani
Bagikan
Ilustrasi. Maverick Vinales memenangkan seri balapan di Silverstone Circuit Inggris, Minggu (4/9/2016). Foto : gpxtra.com

Balapan Moto GP Silverstone Inggris pada Minggu (4/9/2016), penuh dengan drama dan kejutan sejak awal balapan dimulai, termasuk kemenangan Maverick Vinales pebalap Suzuki asal Spanyol yang tidak terduga.

Pada putaran pertama balapan berlangsung, dua pebalap Loris Baz (Ducati Avintia Racing Team) yang berada di Starting Grid ke-13 dan Pol Espargaro (Yamaha Monster Energy Tech3 Team) urutan ke-15, mengalami tabrakan yang cukup parah hingga bendera merah dikibarkan. Akibat tabrakan ini, dua pebalap tersebut tidak sadarkan diri dan diharuskan mendapatkan penanganan medis.

Hingga berita ini diturunkan, dilansir dari Official Twitter Moto Gp, Pol Espargaro tidak mengalami luka yang berarti.

Sempat balapan dihentikan sementara, balapan dimulai lagi dengan meneruskan sisa putaran yang tersisa.

Saat balapan dimulai lagi, Vinalez sudah membuat kejutan merebut posisi pertama menyalip Crutchlow dan Rossi. Beberapa drama di laga ini tersaji seru hingga putaran terakhir.

Saat Vinales dengan tenang berada jauh di depan, 4 pebalap merebutkan posisi kedua. Rossi yang berada di posisi kedua, diikuti Ianonne, Crutchlow dan Marquez.

Drama seru tersaji dalam 7 lap terakhir, saat Ianonne menyalip Rossi di posisi kedua. Tidak selang berapa lama, pada putaran keenam, Rossi melorot ke urutan 4 saat disusul oleh Crutchlow.

Namun, di putaran tersebut, Ianonne mengalami nasib sial dan kehilangan posisi keduanya akibat terjatuh ketika sedang berbelok. Sementara itu di waktu yang sama, Rossi dan Marquez saling menyalip dan sempat saling berdempet merebutkan posisi ketiga. Dalam duel ini, Marquez sempat melebar jauh akibat kurang bisa mengontrol kendaraannya.

Melebarnya Marquez di sisa dua putaran terakhir, menyebabkan dia harus kehilangan kesempatan naik ke podium. Padahal, dia sempat merasakan posisi kedua setelah menyalip Crutchlow.

Hingga 20 putaran, Vinales mencatatkan waktu 39 menit 3 detik sebagai juara pertama. Disusul Crutchlow dengan jarak waktu +3.480 di nomor dua dan Rossi di nomor tiga dengan catatan waktu +4.063. Sedangkan Marquez yang sempat mencuri pandangan mata penonton, harus puas di posisi ke empat dengan catatan waktu +5.992.

Lorenzo, yang sejak sesi sebelumnya belum bisa memberikan performa terbaiknya. Kali ini, dia harus puas di urutan kedelapan dengan catatan waktu +19.432.

Dengan kemenangan ini, membuat Vinales untuk pertama kalinya naik di atas podium sebagai juara pertama di Silverstone Circuit Inggris.

Selain itu, peraihan poin terbanyak juara dunia Moto GP saat ini masih dimiliki Marquez dengan 197 poin. Disusul Rossi di urutan kedua dengan 144 poin, Lorenzo pada posisi ketiga dengan 138 poin, seperti dilansir dari website resmi Moto GP. (tit)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
29o
Kurs