Jumat, 19 April 2024

Kaka Pensiun dan Bersiap Jalani Profesi Baru

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi. Ricardo Kaka Bintang AC Milan yang telah menyatakan pengunduran diri sebagai pemain sepakbola profesional, Minggu (17/12/2017). Foto: Antara

Ricardo Kaka (35) bintang AC Milan yang juga pernah menjadi bintang Timnas Brazil menyatakan pengunduran dirinya sebagai pemain sepak bola profesional pada Minggu (17/12/2017).

Pada saat yang sama, Kaka menyatakan bersiap untuk menjalani peran baru yang tetap ada di sekitar lapangan hijau.

“Saya bersiap untuk melanjutkan sepak bola dengan peran yang berbeda, tapi saya tidak lagi menjadi pemain profesional atau seorang atlet,” kata Kaka kepada Globo dilansir AFP, dikutip Antara.

“Saya ingin ambil bagian untuk klub dalam peran yang lebih seperti seorang manajer, direktur olahraga – seseorang yang bekerja di antara lapangan dan klub,” katanya kemudian menambahkan bahwa ada tawaran dari AC Milan.

Selain menjadi bintang AC Milan, Kaka juga ambil bagian dalam skuat megabintang milik Real Madrid sebelum menuntaskan karirnya bersama klub Amerika Serikat Orlando City di Major League Soccer (MLS).

La Liga Spanyol memberi penghormatan pada akun Twitter-nya, dengan mengatakan, “Salah satu pemain sepak bola berbakat terbesar telah menggantungkan sepatu setelah karir yang berkilauan.”

Semasa di Milan, Kaka menjadi pemain yang meraih Ballon d`Or sebelum gelar itu diperebutkan terus-menerus oleh Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi.

Selain membantu Milan meraih gelar Serie A 2003-04, Kaka juga mencetak 10 gol saat Milan menjuarai Liga Champions 2007.

Di sisi lain, Kaka tidak bisa menjamin bahwa kiprahnya sebagai manajer akan sukses di masa depan.

“Fakta memiliki kesuksesan sebagai pemain profesional, bukan berarti saya akan atau tidak akan menjadi manajer yang bagus. Jadi, saya ingin mempersiapkan diri untuk rencana ini, belajar, mengikuti, lebih dekat ke klub tertentu, terutama tempat saya bermain,” katanya.(ant/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs