Minggu, 5 Mei 2024

Menlu Retno Pembawa Obor Pertama di Yogyakarta

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Retno Marsudi Menteri Luar Negeri bersama Sri Sultan Hamengkubuwono X Gubernur DI Yogyakarta, Gatot Dewa Broto Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Erick Thohir Ketua INASGOC jelang pawai pertama obor Asian Games 2018 di Keraton Yogyakarta, Kamis (19/07/2018). Foto: Antara

Retno Marsudi Menteri Luar Negeri menjadi pembawa obor pertama dalam pemulaan rangkaian Pawai Obor Asian Games 2018 di Keraton Yogyakarta, Kamis (19/7/2018).

“Kami berterimakasih kepada Menteri Luar Negeri yang berkenan ikut membawa obor dan memberikan semangat bagi kita semua, terutama pada atlet Indonesia yang akan turun dalam pertandingan sebulan mendatang,” kata Eris Herryanto Sekretaris Jenderal Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) sebelum pawai obor dimulai seperti dilansir Antara.

Sri Sultan Hamengkubuwono X Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta secara resmi menyalakan obor Asian Games dari kalderon mini yang telah disiapkan di halaman kraton dan menyerahkan obor kepada Menlu Retnno.

Menlu Retno kemudian berlari sejauh 100 meter ke alun-alun utara dan secara estafet memberikan obor Asian Games ke-18 itu kepada Brigjen Pol. Ahmad Dofiri Kepala Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta.

Secara estafet pula, Kapolda DIY yang telah berlari 100 meter memberikan obor kepada Marsekal Pertama TNI Tedi Rizalihadi Komandan Landasan Udara Adisutjipto lalu kepada Kolonel Laut (P) Arya Delano Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut.

Rangkaian Pawai Obor Asian Games 2018 di Yogyakarta dari keraton akan menempuh jarak sekitar 8,5 kilometer menuju kawasan Tugu Yogyakarta.

Pawai obor itu juga akan berlanjut menuju kota Surakarta dengan tujuan Stadion Sriwedari. Rencananya, kehadiran obor Asian Games di Surakarta akan diiringi Sigit Budiarto oleh mantan atlet bulu tangkis nasional dan selebritas Dian Sastrowardoyo.

Sebelumnya, api obor Asian Games yang merupakan paduan api dari India dan api abadi Mrapen itu telah diserahkan Jusuf Kalla Wakil Presiden kepada mantan atlet bulu tangkis putri Indonesia Finarsih di komplek Candi Prambanan pada Rabu (18/7/2018) malam.

Pawai obor Asian Games yang dimulai di Yogyakarta akan menempuh jarak 18 ribu kilometer menuju 53 kota lain dan 18 provinsi di Tanah Air, sebelum diterima Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada 17 Agustus.

INASGOC memilih kota-kota pariwisata, budaya, dan sejarah sebagai lokasi yang disinggahi rangkaian Pawai Obor Asian Games 2018. (ant/dwi/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
28o
Kurs