Kamis, 2 Mei 2024

Pelatih Klub Sepakbola Tertua Inggris Puji Potensi Anak-Anak Surabaya

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Wali Kota Liverpool memberikan kenang-kenangan kepada para pesepakbola anak-anak di Gelora 10 November Tambaksari, Selasa (20/3/2018). Foto: Denza suarasurabaya.net

Rombongan Wali Kota Liverpool menyempatkan waktu mengunjungi Stadion Gelora 10 November, Tambaksari, Selasa (20/3/2018), untuk melihat anak-anak usia 11-14 tahun berlatih sepakbola.

Shaun Garnett Pelatih Tranmere Rovers FC yang ikut dalam rombongan Wali Kota Liverpool memimpin latihan itu. Dia memberikan pelatihan dan trik-trik bermain sepak bola kepada anak-anak.

Mereka tampak semangat mengikuti semua arahan dari pelatih klub sepakbola tertua di Inggris itu. Shaun mengaku kagum terhadap kemampuan anak-anak Surabaya.

“Saya merasa terkejut dengan skill mereka. Anak-anak itu punya potensi yang baik untuk menjadi pemain profesional. Pelatihnya juga bagus mengontrol bola dan mendidik anak-anak,” kata Shaun kepada wartawan seusai melatih anak-anak Surabaya.

Menurut Shaun, mereka itu cukup diberi pelatihan yang rutin untuk membentuk skillnya yang sudah lumayan bagus. Dengan cara itu, maka tidak menutup kemungkinan mereka bisa bermain secara profesional.

“Untuk mengembangkan pemain yang bagus dan bisa bermain secara profesional, mereka juga perlu menjaga gaya hidupnya,” ujarnya memberikan saran kepada anak-anak dan pelatih.

Joe Anderson Wali Kota Liverpool mengaku sangat senang bisa melihat langsung skill permainan sepak bola anak-anak Surabaya. Ia pun menilai anak-anak itu sudah bagus.

“Jadi, tujuan kami ke sini memang untuk melihat langsung permainan anak-anak. Selain itu, supaya mereka bisa mendapatkan latihan langsung dari Shaun Garnett,” kata Joe.

Menurutnya, pengembangan sepakbola menjadi salah satu bagian dari perjanjian kerjasama antara Pemkot Surabaya dan Liverpool.

Dia juga menjelaskan, di Liverpool setiap klub sepak bola pasti memiliki akademi sehingga hal itu bisa dikerjasamakan dengan Pemkot Surabaya.

“Karena Bu Risma juga punya keinginan untuk mengirimkan anak-anak Surabaya berlatih di Liverpool,” ujarnya.

Afghani Wardhana Kepala Dispora Surabaya mengatakan, kunjungan kali ini akan memacu semangat sekolah sepakbola (SSB) yang ada di Surabaya.

Bahkan, dengan kunjungan ini akan lebih banyak bermunculan bibit-bibit unggul dalam dunia sepak bola di Surabaya.

“Kami berharap bisa lebih banyak bermunculan SSB baru di Kota Surabaya. Kami akan informasikan bahwa akan ada seleksi anak-anak berbakat yang akan dikirim ke Liverpool,” katanya.

Afghani juga mengatakan dinasnya akan membentuk tim khusus untuk menyeleksi anak-anak berbakat dari Surabaya yang akan dikirim ke Liverpool.

Rencananya, akan ada 10 anak berbakat dan terbaik yang akan diberangkatkan ke Liverpool oleh Pemkot Surabaya untuk mengikuti pelatihan sepakbola.

“Mengenai teknis selanjutnya, kami masih menunggu arahan dari Ibu wali kota,” ujarnya.

Sekadar informasi, anak-anak yang ikut berlatih bersama Shaun Garnett di Gelora 10 November adalah mereka yang tergabung dalam klub yang memenangkan turnamen piala Wali Kota tahun 2017.

Setidaknya, ada enam club yang diundang beserta beberapa club yang ingin mengetahui langsung pelatihan yang diberikan oleh Shaun.

“Tentu ini akan menjadi pelajaran berharga bagi anak-anak kami dan bagi para pelatih SSB di Kota Surabaya,” katanya. (den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
26o
Kurs