Selasa, 14 Mei 2024

Pentingnya Program Jangka Panjang untuk Pemain Muda

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Tim Nasional Indonesia U-19 harus mengakui keunggulan Jepang dengan skor 0-2 pada laga perempat final Piala AFC U-19 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10/2018). Foto: PSSI

Indra Sjafri Pelatih tim nasional U-19 Indonesia menekankan pentingnya komitmen serius untuk mengembangkan pemain muda di Indonesia.

“Komitmen itu penting agar mereka kelak menjadi pemain siap pakai di tim nasional senior,” ujar Indra usai skuatnya ditaklukkan Jepang dengan skor 0-2 pada laga perempat final Piala U-19 Asia 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10/2018) malam.

Menurut pelatih asal Sumatera Barat itu, salah satu cara untuk menjaga pesepak bola-pesepak bola berbakat Indonesia di tim nasional kelompok umur adalah dengan menunjuk pelatih timnas U-16, U-19 dan U-22.

Sebagai informasi, Indra Sjafri hanya melatih Indonesia sampai Piala U-19 Asia 2018. Artinya setelah turnamen itu, posisi pelatih timnas U-19 kosong. Sama seperti timnas U-16 dan timnas U-22 yang tanpa pelatih usai juru taktik sebelumnya masing-masing Fakhri Husaini dan Luis Milla menunaikan tugasnya.

“Harus tetap ada program jangka panjang untuk para pemain, siapapun pelatih timnas. Seperti Jepang yang menargetkan juara dunia di tahun 2050 dan sudah membuat langkah menuju ke sana. Selain itu, keberadaan pelatih juga penting untuk mengawasi kinerja para pemain tim nasional yang berlaga di klub masing-masing,” tutur Indra dilansir Antara.

Khusus untuk timnas U-19 dan usia di atasnya, Indra Sjafri berpandangan para pemainnya tidak perlu diikutkan dalam pemusatan latihan (TC) dalam waktu yang lama.

Para pesepak bola itu diharapkan matang di kompetisi, seperti timnas U-19 saat ini yang hampir semua pemainnya berlaga di Liga 1 ataupun Liga 2 Indonesia.

Tim nasional sepak bola U-19 Indonesia terhenti di perempat final Piala U-19 Asia 2018 usai ditaklukkan Jepang dengan skor 0-2 pada laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10/2018).

Dua gol Jepang dalam laga tersebut dicetak oleh bek Sunki Higashi di menit ke-40 dan penyerang Taisei Miyashiro (70′).

Kegagalan di delapan besar memupuskan harapan Indonesia melaju ke Piala U-20 Dunia FIFA, yang syaratnya harus menjadi salah satu dari empat tim U-19 terbaik Asia.(ant/tin/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
32o
Kurs