Sabtu, 18 Mei 2024

Tarian Budaya Asia Sambut Perpaduan Api Asian Games

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Yayuk Basuki (tengah) mantan atlet tenis Indonesia membawa api obor Asian Games 2018 saat arak-arakan estafet api obor tersebut di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (18/7/2018). Foto: Antara

Tarian kontemporer bertema budaya dari berbagai suku bangsa Asia menyambut perpaduan api asal India dengan api abadi Mrapen dalam miniatur kaldron di lapangan Brahma komplek Candri Prambanan, Yogyakarta, Rabu (18/7/2018) malam.

Jusuf Kalla Wakil Presiden, Puan Maharani Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga menghadiri konser Pawai Obor Asian Games 2018 di Prambanan.

“Penyelenggaraan Asian Games ke-18 ini berarti kehormatan tersendiri bagi Indonesia karena dapat menyelenggarakan kedua kalinya. Kehormatan bagi kita karena dapat memperlihatkan kemampuan pembangunan infrastruktur, kemampuan mengoordinasi, dan kemampuan meraih prestasi,” kata Wapres seperti dilansir Antara.

Kemudian, Sri Sultan Hamengkubuwono X Gubernur DI Yogyakarta, Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah, Komjen Pol Syafruddin Wakil Kepala Kopolisian RI yang sekaligus menjadi Komandan Kontingan (Chef de Mission/CdM) dan Tono Suratman Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) turut menghadiri konser yang menyuguhkan teknik “video mapping” dan permainan lampu sorot itu.

Tarian kontemporer dalam konser itu menampilkan budaya dari Asia Timur, Asia Barat, Asia Selatan, Asia Tengah, dan Asia Tenggara serta tarian budaya asli Indonesia sebelum menuju puncak acara pemaduan api India dengan api abadi Mrapen.

Api obor Asian Games asal New Delhi dibawa mantan atlet bulu tangkis Indonesia Susy Susanti. Sedangkan api abadi Mrapen untuk Asian Games dibawa mantan atlet tenis legendaris Merah-Putih Justedjo Tarik.

Selain penampilan tari budaya dari berbagai suku bangsa Asia, konser pawai obor Asian Games di Prambanan juga diisi penampilan penyanyi Cakra Khan dan Armada Band, serta sejumlah penyanyi lain.

Selepas konser di Prambanan pada Rabu malam, kegiatan konser pawai Asian Games 2018 di Yogyakarta akan berlanjut pada kirab obor dari kawasan Tugu menuju Keraton Yogyakarta sebelum menuju Stadion Sriwedari, Solo, pada Kamis (19/7/2018). (ant/dwi/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
30o
Kurs