Minggu, 12 Mei 2024
Piala Dunia 2018

Tunisia Tidak Ada Pilihan Lain Selain Menang Lawan Belgia

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Timnas Belgia. Foto: FIFA

Predikat Belgia sebagai salah satu favorit juara Piala Dunia bakal mendapat ujian sesungguhnya kala melawan Tunisia, Sabtu (23/6/2018), pukul 19.00 WIB nanti di Stadion Spartak, Moskow. Namun, Tunia memang berbeda kelas dari Panama yang mereka kalahkan 3-0 pada laga pembuka Grup G di Sochi, lima hari silam.

Kendati dikalahkan Inggris 1-2 pada pertandingan pertamanya, Tunisia jauh lebih tangguh dan lebih cerdik dalam bertahan dibandingkan dengan Panama. Itu artinya, Belgia dituntut mengeksploitasi kreativitas dan kecerdikan duo playmaker Eden Hazard dan Kevin de Bruyne untuk mengakali siasat Tunisia yang tidak saja membawa misi nasional, tetapi juga harga diri dunia Arab.

Tujuh kali bertanding tapi tujuh kali kalah yang diderita empat tim dunia Arab yang berkiprah pada Piala Dunia Rusia. Hal ini tentu membuat Tunisia mendapatkan tekanan tambahan untuk menaikkan gengsi dunia Arab setelah Maroko, Mesir dan Arab Saudi tersingkir dari arena karena masing-masing sudah dua kali kalah.

“Kami harus menang. Kami tidak punya pilihan. Belgia sangat kuat tetapi kami sudah siap,” kata pelatih Tunisia Nabil Maaloul dikutip dari Reuters.

Antara melansir, Belgia sendiri sudah memberi pesan menakutkan kepada calon-calon lawannya setelah menggasak Panama 3-0. Meskipun begitu, tim Amerika Tengah ini jauh di bawah kelas Tunisia.

Tak seperti Spanyol, Argentina, Brasil dan bahkan Jerman yang tumbang pada pertandingan pertamanya, Belgia membuktikan diri pantas difavoritkan juara setelah merampas tiga nilai dari pertandingan pertamanya itu.

Kini Belgia siap menerkam Tunisia untuk meratakan jalan ke 16 Besar. Jika Belgia menang, makan Belgia tanpa harus mati-matian menjalani laga terakhir fase grup melawan Inggris di Kaliningrad beberapa hari mendatang.

Namun Belgia yang diasuh pelatih Roberto Martinez harus ingat betul bahwa lawannya Sabtu malam nanti adalah tim yang membuat Inggris kerepotan. Inggris saat itu hampir tidak bisa menang kalau bukan karena sumbangsih Harry Kane pada menit-menit terakhir pertandingan.

Perkiraan Susunan Pemain:

Vincent Kompany kemungkinan kembali absen memperkuat Belgia. Sedangkan Tunisia harus merelakan gawangnya tidak lagi dijaga Mouez Hassen yang menderita cedera bahu sewaktu menghadapi Inggris. Maaloul memastikan Tunisia akan memakai formasi 4-3-3 dengan orientasi lebih menyerang ketimbang saat melawan Inggris.

Belgia: Thibaut Courtois, Toby Alderweireld, Dedryck Boyata, Jan Vertonghen, Thomas Meunier, Kevin De Bruyne, Axel Witsel, Yannick Ferreira Carrasco, Dries Mertens, Eden Hazard, Romelu Lukaku
Tunisia: Farouk ben Mustapha, Yassine Meriah, Syam Ben Youssef, Dylan Daniel Mahmoud Bronn, Nabi Maaloul, Ellyes Skhiri, Anice Badri, Ferjani Sassi, Fakhreddine Ben Youssef, Wahbi Khazri, Naim Slit.(ant/tna/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 12 Mei 2024
26o
Kurs