Senin, 6 Mei 2024

Khofifah Minta Pelatih Segera Meminta Maaf kepada Shalfa

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur menemui artistik Shalfa Avrila Atlet Senam Artistik Asal Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi, Senin (2/12/2019). Foto: Denza suarasurabaya.net

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur hari ini menemui artistik Shalfa Avrila Atlet Senam Artistik Asal Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi, Senin (2/12/2019). Dia minta pelatih menyampaikan maaf.

“Ini olahraga. Yang diukur prestasi. Di dalam proses pembinaan atlet ada proses pembinaan kedisiplinan, pembinaan karakter. Tetapi indeks prestasi itu tetap menjadi indikator utama,” ujar Khofifah.

Indeks prestasi itulah yang menjadi indikator utama yang menentukan masuk tidaknya seorang atlet dalam pemusatan latihan, baik nasional (Puslatnas) maupun daerah (Puslatda).

Tetapi kalau ada faktor lain di luar prestasi yang kemudian dijadikan alasan utama untuk mendegradasi seorang atlet dari Puslatnas, menurut Khofifah, itu tidak dibenarkan.

“Kalau karena indeks prestasi seorang atlet tidak bisa dilanjutkan, fine. Itu kewenangan cabor, kewenangan persatuan olahraga bersangkutan. Ini menjadi kritik dan koreksi, dunia olahraga kira perlu pembenahan.”

Khofifah menegaskan, kalau benar pelatih menjadikan tes keperawanan sebagai pertimbangan utama sehingga Shalfa dipulangkan dari SEA Games Filipina, dia minta pelatih itu segera bertanggungjawab.

“Saya minta tolong (kepada) pelatih, kalau betul melakukan itu, segeralah meminta maaf. Saya tidak ingin ada trauma baru yang muncul bagi adik-adik junior seperti Shalfa ini,” ujarnya.

Khofifah sebagai Gubernur berharap semua proses dalam bidang olahraga di Jawa Timur, terutama berkaitan atlet Puslatnas SEA Games asal Jawa Timur, berjalan kondusif dan produktif.

Respons keras sebelumnya juga sudah disampaikan Zainudin Amali Menpora. Dia bilang akan menindak tegas pelatih bila memang terbukti menjadikan alasan keperawanan dalam degradasi Shalfa.

Sebelumnya, pihak Pengurus Besar Persatuan Senam Seluruh Indonesia (PB Persani) sudah memberikan klarifikasi. Alasan pemulangan Shalfa karena indisiplin dan kurang fokus.

Itu sebagaimana disampaikan Ita Yuliati Ketua Umum PB Persani kepada Menpora yang kemudian disampaikan kepada Radio Suara Surabaya. Karena alasan itu, Indra Sibarani Pelatih Senam Jatim mencoret Shalfa.

Imam Mohklas Kuasa Hukum Salfa Avrila mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan menyampaikan pengaduan kepada gubernur disertai dengan bukti-bukti yang sudah disiapkan.

“Kalau misalnya pihak Persani mau memberikan klarifikasi, kami siap. Kami siapkan bukti-buktinya,” ujarnya.(den/tin/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
28o
Kurs