Jumat, 29 Maret 2024

Louis Van Gaal Putuskan Pensiun dari Sepak Bola

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Louis Van Gaal. Foto: JB Autissier

Louis van Gaal mantan pelatih Manchester United memutuskan pensiun dari sepak bola. Van Gaal (67) mengumumkan keputusannya untuk meninggalkan kariernya di dunia sepak bola dalam sebuah acara televisi Belanda.

Karier kepelatihan Van Gaal dipenuhi oleh prestasi dan trofi termasuk juara Liga Champions 1995 dengan klub pertamanya Ajax serta dua trofi La Liga bersama Barcelona, satu gelar Bundesliga bersama Bayern Munchen, serta dua kali melatih negara asalnya, Belanda yang ia bawa ke posisi ketiga di Piala Dunia 2014.

“Saya seorang pensiunan sekarang. Saya tidak memiliki ambisi untuk menjadi direktur teknis atau pakar TV,” kata Van Gaal kepada acara TV Belanda VTBL yang dikutip oleh Sky Sports pada Senin (11/3/2019) waktu setempat.

“Istri saya, Truus meninggalkan pekerjaannya untuk mengikuti saya 22 tahun yang lalu dan ia mendampingi saya ketika saya pergi ke luar negeri. Saya mengatakan kepadanya bahwa saya akan berhenti sebagai pelatih ketika berusia 55 tahun, tetapi terus berjalan sampai saya berusia 65 tahun,” ujarnya, seperti dilansir Antara

“Ia berhak memiliki kehidupan bersamaku di luar sepak bola. Bisa dibilang ia sangat bahagia. Kurasa saya bisa bekerja sebagai direktur teknis,” tambah mantan pelatih United itu

United adalah karier pelatih terakhir Van Gaal dan ia berhasil menjuarai Piala FA dalam dua tahun kariernya bersama klub Inggris tersebut sejak tiba di Old Trafford pada 2014.

Van Gaal juga menjadi pelatih yang berjasa bagi karier Marcus Rashford saat ia memberikan pemain Inggris itu laga perdana di tim senior saat masih berusia 18 tahun.

Rashford memberi penghormatan kepada mantan pelatihnya melalui cuitan di Twitter, yang bertuliskan: “Terima kasih telah membuka pintu dan mempercayai saya. Nikmati pensiun ini boss.” (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
29o
Kurs