Kamis, 25 April 2024

KONI Tunda Porprov Jatim Karena Tiga Daerah Tidak Siap Anggaran

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Foto Dok - Gubernur Jatim Khoifah Indar Parawansa (kiri) saat menerima obor api Porprov VI di Gedung Negara Grahadi di Surabaya pada 2019. Foto: Antara Jatim

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur menunda pelaksanaan gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim VII yang sedianya diselenggarakan tahun 2021 menjadi 2022.

“Keputusan ini akan disampaikan kepada Gubernur Jatim,” ujar Erlangga Satriagung Ketua KONI Jatim usai memimpin Rapat Anggota Tahunan di Gedung KONI Jatim di Surabaya, Kamis (26/6/2020).

Menurut dia, keputusan ditundanya Porprov ini juga agar seluruh kontingen dapat melakukan persiapan lebih maksimal.

“Kami tidak ingin kalau dipaksakan 2021 jadi ikut sekadarnya saja, mengirim kontingen tapi tidak maksimal, karena tidak penuh anggarannya,” ucapnya dilansir Antara.

Meskipun ditunda, kata dia, tidak akan mempengaruhi segala aturan yang telah diterapkan, khususnya masalah umur yang maksimal 21 tahun akan diberi tambahan menjadi 22 tahun.

“Sehingga mereka yang telah melakukan persiapan tetap bisa ikut bertanding,” kata pria yang juga pengusaha tersebut.

Sementara itu, pada Rapat Anggota Tahunan KONI Jatim yang dilakukan secara daring melalui konferensi video tersebut, tiga daerah dari empat daerah yang menjadi tuan rumah mengusulkan penundaan dengan alasan ketidaksiapan anggaran.

Ketiga daerah tersebut yakni Situbondo, Bondowoso, dan Lumajang, sedangkan Jember justru menyatakan kesiapannya apabila dapat melaksanakan secara tunggal.

“Kalau tiga dari empat daerah tuan rumah mengusulkan ditunda, ya harus ditunda. Hanya Jember yang menyatakan siap, tapi tidak bisa semua dipindah ke Jember, jadi semua harus memahami ini,” tuturnya.

Anggaran memang menjadi masalah, sebab 70 persen anggaran milik tiga daerah tersebut dipotong oleh masing-masing kepala daerah dalam rangka penanganan wabah virus corona.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs