Jumat, 29 Maret 2024

Pawai Obor Api Olimpiade Dipastikan Kunjungi Setiap Wilayah Jepang

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. Orang-orang yang mengenakan topeng pelindung terlihat di depan cincin Olimpiade Raksasa di area tepi laut di Taman Laut Odaiba di Tokyo. Foto: Reuters/Athit Perawongmetha

Panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 menyebutkan bahwa api Olimpiade akan tetap diarak mengunjungi semua 47 prefektur Jepang yang akan dimulai pada 25 Maret tahun depan.

Pengumuman tersebut berpegang pada rencana awal sebelum Olimpiade diputuskan untuk ditunda tahun ini karena pandemi, kata panitia penyelenggara dikutip dari laporan Reuters yang dilansir Antara, Selasa (15/12/2020).

Pada tahun ini, jelang beberapa hari sebelum jadwal estafet obor dilaksanakan di bulan Maret, Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan pemerintah Jepang mengambil keputusan penundaan Olimpiade yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Terlepas dari pembatasan Covid-19 dan meningkatnya kasus di Jepang, penyelenggara mengumumkan bahwa pawai obor akan berlangsung selama 121 hari, dimulai di Fukushima dan berakhir di Stadion Nasional Tokyo bertepatan dengan upacara pembukaan Olimpiade pada 23 Juli.

Pengumuman itu muncul setelah jajak pendapat oleh sebuah saluran siaran Jepang, yang menunjukkan sepertiga penduduk Jepang ingin Olimpiade Tokyo dibatalkan di tengah kekhawatiran bahwa masuknya pengunjung asing dapat menyebabkan lonjakan kembali kasus Covid-19.

Saat Jepang bergulat dengan gelombang ketiga infeksi, jajak pendapat yang dilakukan pada 11-13 Desember, menunjukkan 32 persen responden ingin Olimpiade musim panas itu dibatalkan seluruhnya.

Hanya 27 persen yang mengatakan bahwa mereka harus melanjutkan sesuai jadwal dan 31 persen ingin dilakukan penundaan lagi.

Untuk menandai 100 hari hingga dimulainya tur, Tokyo Skytree, menara tertinggi di dunia dan bagian ikon dari Ibu Kota Jepang, diterangi pada hari Selasa dalam warna emas merah muda melambangkan obor Olimpiade Tokyo.

Penyelenggara mengatakan rute estafet keseluruhan akan diumumkan pada Februari.(ant/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
28o
Kurs