Jumat, 29 Maret 2024

Stadion GBT Dilengkapi Lampu Standar FIFA untuk Sambut Piala Dunia U-20

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Tri Rismaharini (tiga kanan) Wali Kota Surabaya saat inspeksi ke Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Kota Surabaya, Selasa (28/7/2020). Foto: Humas Pemkot Surabaya

Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Kota Surabaya, Jawa Timur, mulai dipasangi lampu penerangan dengan standar FIFA guna menyambut perhelatan Piala Dunia U-20 tahun 2021 di Indonesia.

“Saya suruh nambahi beberapa fasilitas lain untuk melengkapi itu,” kata Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya di Surabaya, Rabu (29/7/2020).

Menurut Risma, ada beberapa pekerjaan yang dilakukan di Stadion GBT Surabaya, seperti akses untuk pemain, media, ofisial dan penonton. Renovasi terbaru yang sedang dikerjakan Pemkot Surabaya adalah pengecatan tribun dan pemasangan lampu sesuai standar FIFA.

Selain itu, lanjut dia, jalan menuju Stadion GBT Surabaya terus dikerjakan melalui beberapa akses. “Bahkan, akses dari TPA (Tempat Pembuangan Akhir) menuju stadion juga sudah tembus,” ujarnya.

Sementara itu, Iman Krestian Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang Surabaya mengatakan ada beberapa proyek yang sedang dilakukan di Stadion GBT, salah satu yang diprioritaskan adalah pengecatan tribun.

“Proses pengecatan ini sudah dimulai sejak dua Minggu lalu dan perkiraan awal Agustus sudah selesai,” kata Iman dilansir Antara.

Menurutnya, pengecatan ini dikerjakan melalui swakelola Satgas DPRKP-CKTR yang jumlahnya relatif banyak. Untuk saat ini, fokus kerja Satgas ini adalah pengecatan tribun yang nantinya akan menjadi satu warna, yaitu warna abu-abu tua dan abu-abu muda.

“Setelah pengecatan selesai awal Agustus ini, maka proses selanjutnya adalah pemasangan kursi single site yang rencananya pada awal Agustus kursinya sudah datang,” kata dia.

Ia juga mengakui bahwa proses pengecatan ini memang membutuhkan tenaga yang sangat besar sebab stadionnya sangat luas dan lebar. “Ngecatnya juga tidak sembarangan. Jadi, cat lamanya dikupas dulu baru dilakukan pengecekan baru,” ujarnya.

Selain itu, Iman juga menjelaskan bahwa Wali Kota Risma juga memberikan beberapa arahan untuk pemasangan lampu Stadion GBT Surabaya yang sesuai dengan standar FIFA. Bobot total lampu tersebut sekitar 1,2 ton sehingga diminta berhati-hati dalam pemasangannya.

“Kita sedang melakukan pemasangan lampu yang 2.400 Lux sehingga Bu Wali meminta kami untuk berhati-hati,” kata dia.

Oleh karena itu, untuk mengetahui dan mengecek struktur bangunan tempat pemasangan lampu itu, pihaknya mengundang tim ITS dan juga mengundang kontraktor spesialis yang dulu menggarap proyek tersebut.

“Tujuannya supaya melakukan pengecekan terkait perhitungan-perhitungan yang mereka lakukan sebelumnya. Jadi, sekarang pemasangannya sudah berlangsung sambil dilakukan penguatan-penguatan. Karena lampunya sudah datang, akhirnya tinggal pasang, perkiraan mungkin 2 bulan selesai,” katanya.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs