Kamis, 21 Oktober 2021

Bamsoet: Stadion Renang Aquatic Papua Termegah dan Terbaik di Indonesia

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
bambang-soesatyo-meninjau-stadion-aquatic Bambang Soesatyo Ketua MPR RI saat meninjau stadio Aquatic di Papua, Senin (27/9/2021). Foto: Istimewa

Bambang Soesatyo (Bamsoet) Ketua MPR RI mengagumi keberadaan Stadion Renang Aquatic Papua yang punya kualitas berstandar internasional. Di stadion itu akan dipertandingkan cabang olahraga renang, short chourse 25 m, water polo, senam indah dan loncat indah.

Dibangun di lahan seluas 28.000 m² dengan luas bangunan 17.783 m², hal itu yang menurut Bamsoet menjadikan Stadion Aquatic Papua sebagai yang termegah dan terbaik di Indonesia.

“Siapapun akan terpukau tatkala melihat kolam renang berukuran 25 m x 51,23 m dengan kedalaman 3 meter (10 baris) serta kolam diving 20 m x 25 m dengan kedalaman 5 meter. Ada pula kolam pemanasan berukuran 20 m x 50 m dengan kedalaman 1 dan 2 meter di luar gedung aquatic,” ujar Bamsoet usai meninjau Stadion Aquatic dalam rangka persiapan PON XX, di Jayapura, Papua, Senin (27/9/21).

Dia menjelaskan, Stadion Aquatic juga dilengkapi pencahayaan berkualitas. Khusus untuk kolam tanding dan diving yang berada dalam gedung memiliki pencahayaan 1500 lux, sementara untuk kolam pemanasan yang berada di luar gedung memiliki pencahayaan 600 lux.

“Memiliki kapasitas kursi hingga 1.722 kursi penonton. Kursi reguler 1566 buah, VIP 132 buah dan untuk kursi VVIP 24 buah. Sementara untuk bentangan space frame atap memiliki panjang 92,4 meter dan lebar 53 meter,” jelas Bamsoet.

Bamsoet menekankan, keberadaan Stadion Aquatic harus dijadikan sebagai pusat pengembangan ilmu keolahragaan di Papua. Bahkan jika perlu, pengelola stadion bisa bekerjasama dengan kampus Universitas Cenderawasih yang memiliki fakultas olahraga.

“Keterlibatan kampus sangat penting dalam menjadikan Stadion Aquatic maupun berbagai sarana dan prasarana venue cabang olahraga lainnya sebagai pusat industri olahraga yang dapat mencetak atlet profesional dari Papua. Papua siap dan aman menjadi tuan rumah PON XX 2021,” pungkas Bamsoet. (faz/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Kamis, 21 Oktober 2021
28o
Kurs