Jumat, 26 April 2024

DPD RI Dukung Suksesnya Pelaksanaan PON XX di Papua

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
LaNyalla Mattalitti Ketua DPD RI mengadakan rapat bersama Zainuddin Amali Menpora, membahas persiapan PON XX Papua Tahun 2021, Selasa (16/3/2021), di Ruang Rapat Pimpinan DPD RI, Senayan, Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI sebagai representasi daerah mendukung langkah Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk suksesnya pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, di Papua.

LaNyalla Mahmud Mattalitti Ketua DPD RI menyampaikan itu dalam pertemuan dengan Zainudin Amali Menpora, di Ruang Delegasi Ketua DPD RI, Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/3/2021).

“Pelaksanaan PON Papua 2021 harus tetap mengedepankan unsur prestasi, sekaligus protokol kesehatan, sehingga menghasilkan atlet-atlet berprestasi dan bermental juara yang mampu menembus panggung olahraga internasional,” ucap LaNyalla.

Pada kesempatan itu juga, Menpora menyampaikan kemajuan persiapan penyelenggaraaan PON Papua 2021.

Berdasarkan laporan Kementerian PUPR dan Pemprov Papua, venue pertandingan hampir semua tuntas 100 persen. Beberapa venue seperti Panahan, Sepatu Roda dan Dayung diperkirakan rampung April 2021.

Persiapan akomodasi dan tranportasi atlet di Kota dan Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke juga sudah hampir rampung.

“Kontingen dari 34 provinsi telah menyatakan kesiapan mengikuti PON Papua 2021. Sekarang dibutuhkan dasar hukum baru Keppres dan Inpres 2020 menjadi 2021, isi tetap, hanya saja tahun berbeda karena DIPA Kemenpora bisa berakibat temuan, dan Presiden sudah memberi arahan untuk segera diperbaiki,” ujarnya.

Mengenai pelaksanaan PON Papua 2021 dengan penonton terbatas atau tanpa penonton, Menpora menyebut masih dievaluasi dan dikoordinasikan.

Selain itu, ofisial, atlet dan hingga panitia yang terlibat dalam pesta olahraga nasional itu harus sudah divaksinasi.

Menpora berharap, para Anggota DPD RI memastikan kesiapan partisipasi kontingen di daerah masing-masing terutama memastikan anggaran masuk di tahun anggaran 2021, juga promosi dan sosialisasi PON Papua 2021.

Selain itu, Menpora juga melaporkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI, juga TNI/Polri dalam mengamankan jalannya PON Papua 2021.

Dalam forum yang sama, Marciano Norman Ketua Umum KONI optimistis PON XX Papua bisa bergulir dengan lancar tahun 2021.

“Terkait masalah anggaran dan vaksin para atlet, para Senator diharapkan benar-benar harus dipastikan ke pihak daerah, hal ini terkait kesuksesan pelaksanaan gelaran PON Papua 2021,” katanya.

Sementara itu, Sylviana Murni Ketua Komite III DPD RI yang membidangi olahraga menyatakan kesiapan para Senator 34 Provinsi di seluruh Indonesia untuk menyukseskan gelaran PON Papua 2021.

“Senator seluruh Indonesia akan menggaungkan PON Papua 2021 di daerah masing-masing. Ini kerja semua pihak dan perlu sekali, Ketua DPD RI bahkan sudah terjun langsung ke Papua melihat kesiapan PON Papua 2021 beberapa waktu lalu,” kara Senator DKI itu.

Sekadar informasi, Pekan Olahraga Nasional 2021 akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021. Stadion Lukas Enembe menjadi lokasi utama penyelenggaraan PON XX, mulai upacara pembukaan sampai penutupan.(rid/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs