Jumat, 29 Maret 2024

Ketua MPR Berupaya Mendongkrak Prestasi Olahraga Catur Indonesia Lewat Turnamen

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Pecatur Nasional mengikuti Turnamen Catur Indonesia Master, memperebutkan Piala Bergilir Ketua MPR RI dan Piala Tetap Menteri Pemuda dan Olahraga Tahun 2021, Sabtu (19/6/2021), di Lobi Gedung Nusantara V, Senayan, Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Bambang Soesatyo Ketua MPR RI, pada Sabtu (19/6/2021) siang, membuka Turnamen Catur Indonesia Master, memperebutkan Piala Bergilir Ketua MPR RI dan Piala Tetap Menteri Pemuda dan Olahraga Tahun 2021.

Turnamen bergengsi yang diikuti 50 peserta, terdiri dari 4 Grand Master, 20 Master Internasional, 6 atlet putri Pelatnas SEA Games, atlet catur junior rising star, dan beberapa atlet perwakilan provinsi seluruh Indonesia hasil seleksi, berlangsung di Lobi Gedung Nusantara V, Senayan, Jakarta.

Sebelum membuka acara secara simbolis, Bamsoet bilang, Turnamen Catur Indonesia Master 2021 diselenggarakan atas kerja sama MPR RI, Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta PB Percasi.

Menurutnya, event itu merupakan wujud gotong royong memajukan olahraga catur, sekaligus memajukan peradaban bangsa.

Karena, konstruksi peradaban juga dibangun oleh nilai-nilai moralitas yang dijunjung tinggi dalam dunia olahraga, yaitu sikap sportif dan fair play.

“Selaras dengan slogan olahraga catur, yaitu gens una sumus (kita satu keluarga), yang juga masih satu tarikan napas dengan visi kelembagaan MPR sebagai rumah kebangsaan, rumah bagi beragam aspirasi dan arus pemikiran, dan tentunya juga rumah bagi pengembangan dunia olahraga di tanah air,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bamsoet menegaskan para peserta dan panitia acara wajib menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Hampir seluruh peserta yang terdiri dari para atlet dan panitia sudah mendapatkan Vaksin Covid-19. Mereka juga sudah melakukan swab antigen sebelum memasuki arena pertandingan. Itu untuk memastikan tidak ada yang terpapar dan menyebarkan Virus Corona, sekaligus menunjukan pandemi Covid-19 bukan halangan untuk tetap berusaha meningkatkan prestasi atlet nasional,” tegasnya.

Mereka yang menjadi peserta turnamen antara lain GM Susanto Megaranto, GM Cerdas Barus, GM Novendra Priasmoro, Women Grand Master (WGM) Medina Warda Aulia, Master Internasional (MI) Mohamad Ervan.

Kemudian, MI Yoseph Theolifus Taher, MI Sean Winshand Cuhendi, MI Farid Firmansyah, MI Muhammad Lutfi Ali, dan MI Danny Juswanto.

Turut serta pecatur dari kelas Women International Master (WIM) yang menjadi atlet Pelatnas Sea Games 2021, antara lain WIM Chelsie Monica Ignesias Sihite, WIM Dewi Ardhiani Anastasia Citra, WIM Ummi Fisabilillah, WIM Shanti Nur Abidah, dan WIM Dita Karenza.

Sebagai bentuk apresiasi, panitia menyiapkan hadiah total mencapai Rp105 juta, yang bisa digunakan untuk pembinaan meningkatkan kemampuan para atlet catur nasional.

Turnamen itu juga menjadi ajang persiapan atlet Pelatnas catur menghadapi Sea Games 2021 pada November-Desember 2021 di Vietnam, serta persiapan bagi GM Susanto Megaranto, WGM Irene Kharisma Sukandar, WGM Medina Warda Aulia, dan Master Internasional Mohamad Ervan menghadapi Piala Dunia Catur 2021 yang digelar di Rusia pada Juli-Agustus 2021.(rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs