Kamis, 25 April 2024

Khofifah Pompa Semangat Atlet dan Beri Tambahan Rp25 Juta untuk Setiap Cabor

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim saat mengunjungi mess atlet di Papua pada Minggu (3/10/2021) kemarin. Foto: Humas Pemprov Jatim

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim memompa semangat atlet Jatim di Pekan Olahraga Nasional ke-20 di Papua. Dia mengaku optimistis, kontingen Jatim bisa membawa pulang banyak medali emas dan menjadi juara umum di PON Papua tahun ini.

Khofifah bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jawa Timur, Kapolda dan Pangdam Lima Brawijaya mengunjungi mess atlet di Papua pada Minggu (3/10/2021). Ada enam mess cabang olahraga yang mereka kunjungi, antara lain cabor sepatu roda, sepak takraw, layar, renang, dayung dan selancar.

Dalam kunjungan itu Khofifah menyatakan, dengan persiapan selama 4 tahun, dia yakin para atlet bisa meraih medali sebanyak-banyaknya.

“Kalau boleh saya sambungkan, sejauh ini, penghasil emas potensial di Indonesia ada di Freeport-Timika, Papua dan Kabupaten Gresik. Jadi bawalah medali emas sebanyak-banyaknya untuk masyarakat Jatim,” katanya.

Untuk itu Khofifah bersama Forkopimda Jatim menyerahkan bantuan uang penambah semangat buat masing-masing cabor masing-masing Rp25 juta.

Sebelumnya, Erlangga Satriagung Ketua KONI Jatim kepada Radio Suara Surabaya mengakui ada pengurangan dukungan anggaran dari Pemprov Jatim karena Pemprov Jatim harus melakukan refocusing anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19 yang belum tuntas.

Saat itu Erlangga mengaku tetap optimistis para atlet bisa memberikan kontribusi maksimal. Terbukti di cabang olahraga wushu PON Papua, Kontingen Jawa Timur mengamankan posisi juara umum.

Ada enam medali emas, empat perak dan lima perunggu yang berhasil diraih atlet Wushu Jatim di PON Papua.

Tidak hanya berharap para atlet Jatim meraih emas, Khofifah juga berharap mereka membawa semangat Bumi Majapahit ke Bumi Cenderawasih. Rasa memiliki NKRI, kata Khofifah, perlu dibangun dengan damai dan kasih.

Tidak sekadar sportifita, Khofifah juga mengatakan PON Papua adalah panggung persaudaraan dan persatuan atas keberagaman yang selama ini menjadi kekayaan Indonesia.

“Ini yang harus kita sambungkan, rasa memiliki NKRI dibangun dengan damai dan kasih. Sebab, ada misi yang tidak sekadar sportifitas, melainkan seperti yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo, perhelatan PON XX merupakan panggung persaudaraan, persatuan, serta melihat Keberagaman yang menjadi kekayaan Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Irjen Pol Nico Afinta Kapolda Jatim menjanjikan hadiah kepada atlet Jatim yang berhasil meraih emas.

Mereka akan mendapat rekomendasi langsung dari Kapolda bila ingin sekolah kepolisian.

“Untuk atlet yang berhasil sumbangkan emas nanti akan kami rekomendasikan kalau ingin sekolah kepolisian dan memberikan fasilitas pembuatan SIM gratis,” imbuhnya.(den/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs