Kamis, 28 Maret 2024

KOI Harap Persiapan Bidding Bisa Lebih Cepat Usai Ada Keppres INABGOC

Laporan oleh Budi Leksono
Bagikan
Raja Sapta Oktohari Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) di kantornya di Senayan, Jakarta. Foto: Antara

Komite Olimpiade Indonesia (KOI) berharap persiapan bidding tuan rumah Olimpiade 2032 bisa menjadi lebih cepat setelah diterbitkannya Keputusan Presiden (Keppres) nomor 9 tahun 2021 tentang Pembentukan Indonesia Bid Committee Olympic Games 2032 atau INABGOC.

Ferry Kono Sekretaris Jenderal KOI pada Antara mengatakan dengan adanya Keppres itu maka semua lini bisa mulai bekerja bersama-sama mempersiapkan berbagai hal, termasuk proposal bidding hingga perencanaan anggaran.

“Di INABGOC sendiri kan itu gabungan dari beberapa mitra kerja mulai dari kementerian, lembaga, KOI, dan tenaga ahli sehingga mudah-mudahan dengan ada panitia ini jalannya bisa menjadi lebih cepat, karena sumber-sumbernya jadi semakin luas bukan cuma KOI saja,” kata Ferry saat dihubungi di Jakarta, Kamis (22/4/2021).

Berdasarkan keppres itu, KOI ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai tim pelaksana pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

Dalam persiapannya, KOI akan bekerja sama dengan beberapa kementerian dan lembaga yang juga jadi bagian INABGOC, termasuk Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Kementerian Keuangan untuk menyusun, menetapkan dan melaksanakan peta jalan strategi persiapan Indonesia dalam bidding.

Meski sudah ada keppres, Ferry menegaskan bahwa KOI akan kembali fokus pada tugas utamanya terkait persiapan kontingen Indonesia pada multievent internasional tahun ini.

“Sekarang sudah resmi ada panitia khusus yang menangani proses bidding sehingga ke depannya seluruh urusan proses bidding itu akan mulai secara bertahap dilaksanakan oleh INABGOC. Dan NOC akan kembali fokus dengan tugas pertamanya terkait multievent dan persiapan kontingen,” ucapnya.

KOI sebelumnya telah melalui proses prabidding dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Pada 3 Februari lalu, KOI mempresentasikan kelayakan Jakarta sebagai kandidat tuan rumah Olimpiade 2032 kepada Komisi Future Host IOC sebagai komisi yang bertanggung jawab untuk calon tuan rumah Olimpiade.

Menurut Raja Sapta Oktohari Ketua Umum KOI, Indonesia saat ini berada pada status continuous dialogue, yang artinya pembicaraan lanjutan akan dilakukan antara IOC dan Indonesia menuju bidding tuan rumah Olimpiade 2032.(ant/bud/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
28o
Kurs