Jumat, 26 April 2024

Perawatan Terbaik untuk Verawaty Fajrin Legenda Bulutangkis

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Zainudin Amali Menpora bersama Tim Dokter RS Kanker Nasional Dharmais Jakarta. Foto: Istimewa

Pemerintah menjamin perawatan medis terbaik untuk Verawaty Wiharjo atau akrab dikenal Verawaty Fajrin legenda bulutangkis Indonesia yang sedang menderita kanker.

Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) memastikan, para dokter dan pihak Rumah Sakit Kanker Nasional Dharmais Jakarta memberikan pelayanan terbaik.

“Saya sampaikan pada keluarga maupun pada Pak Dirut rumah sakit, silakan dirawat secara maksimal dan pemerintah akan menanggung semuanya biayanya,” ujar Zainudin.

Menpora menyampaikan itu saat menjenguk Verawaty Fajrin di RS Kanker Dharmais, Slipi, Jakarta Barat, Senin (20/9/2021) sore kemarin.

Setelah melihat secara langsung penanganan dokter dan laporan Dirut rumah sakit, Menpora menyatakan bahwa Verawaty telah ditangani oleh tim dokter spesialis dan ruang VIP terbaik.

“Penanganannya bagus oleh satu tim rumah sakit kanker Dharmais. Beliau saat ini sudah mulai bisa berkomunikasi,” ujar Zainudin.

Pada kesempatan ini, Menpora menyampaikan salam, pesan, dan doa dari Jokowi Presiden semoga Verawaty dapat pulih dan beraktivitas kembali.

“Pemerintah benar-benar memperhatikan kesehatan Ibu Verawaty, karena beliau mantan atlet nasional dan legenda tentu kita juga memberikan apresiasi,” jelas Zainudin.

Sementara itu, Soeko W. Nindito Direktur Utama Pusat Kanker Nasional Dharmais mengungkapkan, Verawaty sudah dua kali masuk ke RS Dharmais. Kedatangannya yang pertama untuk mengobati penyakit yang sama, yakni kanker.

“Ibu Verawaty datang kesini yang kedua. pertama dulu dengan penyakit yang sama, sudah bisa ditangani dengan baik. kemudian diputuskan untuk rawat jalan,” ungkapnya.

Kemudian pada  17 September lalu, peraih medali emas di SEA Games itu masuk lagi hingga saat ini.

“Sekarang dirawat di ruang VIP, sudah mendapatkan penganan dari dokter spesialis, spesialis paru, hematologi sepesial ahli kanker, kemudian spesialis gizi dan lain-lain. Saat ini, kondisinya sedang berjuang, masih semangat dan masih bisa berkomunikasi, ” kata Soeko.

Verawaty adalah legenda bulutangkis Indonesia yang pernah merebut 12 medali emas SEA Games sepanjang kariernya.

Tercatat merebut juara kategori beregu SEA Games enam kali berturut-turut pada 1977, 1979, 1981, 1985, 1987, 1989.

Selain itu, Verawaty meraih prestasi di nomor perseorangan SEA Games di nomor ganda putri (1979, 1981, 1987), tunggal putri (1981), dan ganda campuran (1987, 1989).

Verawaty juga pernah meraih medali emas di ajang Asian Games nomor ganda putri pada 1978 silam dan tercatat sebagai juara dunia sebanyak dua kali, yakni pada 1980 (tunggal putri) dan 1986 (ganda campuran). (faz/iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs